pelatihan komunitas

Pelatihan Keperawatan Komunitas merupakan salah satu produk unggulan yang dimiliki Bapelkes Yogyakarta. Di pertengahan bulan April lalu, sebanyak 58 peserta pelatihan dari Stikes Suaka Insan tiba di Bapelkes Yogyakarta. Di tahun 2017 hingga akhir bulan Mei, Pelatihan Keperawatan Komunitas Mahasiswa Profesi Ners Stase Stikes Suaka Insan Banjarmasin mencatatkan masa pelatihan keperawatan komunitas terlama yaitu dari tanggal 17 April 2017 hingga 27 Mei 2017. Pelatihan ini dihadiri oleh Kepala JurusanStikes Suaka Insan, Ketua Panitia Pelatihan dan jajaranya, serta dibuka resmi oleh Kepala Balai Pelatihan Kesehatan Yogyakarta Ibu drg. Yuli Kusumastuti IP, M.Kes.

Selama total 41 hari masa pelatihan bersama Bapelkes Yogyakarta, sebanyak 58 peserta pelatihan profesi Ners Suaka Insan mendapatkan materi penunjang serta melakukan Praktik Kerja Lapangan (PKL) di tempat yang ditentukan. Di tiga hari pertama, peserta mendapatkan materi pembekalan sebelum diterjunkan ke lapangan. Di hari berikutnya, Mahasiswa/i dari Suaka Insan melakukan PKL di Desa Purwomartani, Kecamatan Kalasan, Kabupaten Sleman, DIY selama 36 hari. Selama masa PKL, peserta pelatihan tentunya didampingi oleh para pendamping pelatihan dari Bapelkes Jogja. Waktu yang lama dan luar biasa bagi para pejuang kesehatan bidang keperawatan Stikes Suaka Insan Banjarmasin. Meskipun lama berada di Desa melakukan PKL, para peserta pelatihan tetap bersemangat dan tetap mingikuti aturan tata tertib pelatihan yang ada. Pelatihan di Bapelkes Jogja disamping memberikan pembekalan materi juga memberikan pengalaman bagi mahasiswa/i bagaimana berinteraksi dan bersosialisasi secara baik selama masa pelatihan dengan masyarakat Desa Purwomartani.

Di akhir masa pelatihan, mahasiswa/i Suaka Insan ditarik kembali dari tempat PKL dan kembali ke Bapelkes Jogja untuk melakukan post-test. Hasil post-test inilah yang juga menentukan predikat kelulusan pelatihan bagi para peserta. Semoga apa yang peserta dapat selama pelatihan dapat bermanfaat baik. Bapelkes Jogja – Never Ending Learning.

sumber : bapelkes jogja

Tags: No tags

Leave a Comment