WhatsApp Image 2018-12-10 at 10.01.11

Binggung setelah lulus SMA mau kemana?, Ayo, Gabung dengan kita!

 

Baru-baru ini, Kementerian Kesehatan RI melalui Pusat data dan informasinya merilis laporan situasi tenaga keperawatan di Indonesia. Berdasarkan laporannya, Indonesia sampai saat ini masih kekurangan tenaga perawat dan penyebarannya masih belum merata untuk seluruh wilayah Indonesia. Pemerintah sudah menargetkan dalam rencana strategisnya bahwa setidaknya pada tahun 2015-2019 rasio perawat dan penduduk setidaknya harus 180:100.000. Jumlah ini akan terus meningkat seiring bertambahnya jumlah penduduk yang ada di Indonesia. Untuk menanggulangi masalah ini, pemerintah bersama jajarannya sedang giat berusaha untuk memenuhi target untuk menyeimbangkan jumlah tenaga kesehatan dan pengguna layanan kesehatan. Laporan ini menunjukkan adanya kesempatan dan peluang kerja yang sangat besar bagi banyak masyarakat Indonesia.

Melihat situasi ini, STIKES Suaka Insan Banjarmasin melalui program pendidikan ilmu keperawatannya berusaha untuk turut serta dalam memenuhi target pemerintah dalam menyediakan sumber daya tenaga professional Perawat yang berkemampuan professional dan terstandar, bermutu dan siap untuk menghadapi tantangan globalisasi.

STIKES Suaka Insan dengan motto-nya In Omnibus Caritas (Segalanya dalam Kasih) sudah terakreditasi Lam-PTKes dengan nilai B dan banyak diakui sebagai sekolah yang mampu melahirkan perawat-perawat yang professional dan berdedikasi tinggi sesuai dengan kebutuhan masyarakat.  STIKES Suaka Insan menawarkan Pendidikan ilmu keperawatan dengan dilandasi oleh semangat melayani (In Omnibus Caritas) secara professional, berbasis bukti (Evidence based), dan dijiwai oleh semangat ‘caring’ yang merupakan core (akar) dari ilmu keperawatan itu sendiri.

Proses penyelenggaraan Pendidikan

Proses penyelenggaraan pendidikan keperawatan dilakukan dengan menerapkan program pembelajaran dengan menekankan pada pencarian pemecahan masalah (Problem based learning) yang dikombinasikan dengan metode belajar self-directed learning, tutorial, dan small group learning. Proses belajar-mengajar juga dikemas secara aktif, menarik dan menginspirasi sesuai dengan core ilmu keperawatan yang ter-update. Metode-metode belajar ini sudah terbukti melalui riset mampu mengantarkan mahasiswa/I untuk menyerap banyak ilmu yang diajarkan di lingkungan belajar. Selain dari sisi ilmu pengetahuan, proses Pendidikan juga dijiwai oleh semangat ‘caring’ yang merupakan energi tanpa batas bagi seorang calon perawat dan perawat professional yang berdidikasi tinggi.

Pendidikan unggulan

Pendidikan yang merupakan unggulan dari STIKES Suaka Insan adalah Pendidikan Ilmu asuhan keperawatan Medical Bedah (KMB) dan adult health nursing dengan tambahan Pendidikan pilihan seperti Entrepreneurship in Nursing, Evidence Based Practice, Ethic paulinian dan Art Appreciation yang terbukti sangat berguna dalam dunia kerja dan meninggalkan kesan mendalam yang baik untuk pasien-pasien yang dirawat.

Selain Pendidikan unggulan ini, STIKES Suaka Insan juga mengajarkan Ilmu keperawatan sesuai dengan kurikulum Pendidikan keperawatan yang ter-update. Sambil menyesuaikan dengan tuntutan masyarakat terutama stakeholder.

Pendidik

STIKES Suaka Insan selalu mengusahakan yang terbaik dalam setiap usahanya untuk mendidik sumber daya manusia professional yang siap kerja. Hal ini ditunjukkan dengan komitmennya dalam menyediakan sumber daya pendidik yang professional, ahli dibidangnya dan terpercaya. Pendidik di STIKES Suaka Insan adalah mereka yang sudah ahli secara teoritis dan praktik dalam bidang spesialisasinya masing-masing. Mereka juga adalah orang-orang yang berperan aktif dalam kegiatan organisasi-organisasi keperawatan local dan nasional dan juga merupakan pembuat keputusan yang berpengaruh.

Pengembangan minat dan bakat

Selain menyibukkan diri dengan mendalami ilmu keperawatan secara akademik, STIKES Suaka Insan melihat pentingnya mengambangkan sisi non-akademik bagi mahasiswa/I yang merupakan calon perawat masa depan.Pengembangan kompetensi non-akademik ini dimaksudkan untuk menyiapkan diri mahasiswa/I dalam dunia kerja yang serba kompetitif dan cepat berubah. Untuk itu, STIKES Suaka Insan memberi kesempatan kepada mahasiswa/I diberi untuk mengembangkan bakat dan minatnya dalam bidang karya seni, olah raga, dan organisasi. Karya seni yang menjadi unggulan adalah seni tari dan paduan suara yang sudah mengantarkan banyak mahasiswa/I STIKES Suaka Insan menjuarai kedua perlombaan dalam bidang ini. Sedangkan dalam bidang olahraga salah satunya adalah Seni bela diri Kempo yang pernah berhasil menyumbangkan Medali Emas untuk provinsi Kalimantan Selatan pada kejuaraan antar provinsi.  Selain Kempo, masih banyak cabang olahraga lainnya yang dibuka bagi mahasiswa/I STIKES Suaka Insan untuk mengembangkan bakat dan minatnya.

Selain Bidang organisasi kemahasiswaan. Mahasiswa/i juga didorong untuk mengembangkan minat dan bakatnya masing-masing speerti dibawah ini, yaitu kegiatan oleh raga Kempo dan tarik Suara.

Fasilitas penunjang kegiatan belajar

STIKES Suaka Insan memiliki fasilitas yang lengkap untuk terselenggaranya pendidikan keperawatan yang bermutu. Selain memiliki gedung sendiri, STIKES Suaka Insan Memiliki Rumah sakit sendiri, Laboratorium keperawatan yang lengkap, Perpustakaan yang modern dan juga fasilitas penunjang belajar, olahraga dan rekreasi.

Gedung STIKES Suaka Insan diusahakan dibangun dengan tetap memperhatikan isu lingkungan dan menekankan konsep alamiah dekat dengan alam untuk menjaga proses harmonisasi tubuh dan jiwa.

Selain Gedung untuk menunjang proses belajar dan mengajar, STIKES Suaka Insan juga menyediakan layanan untuk tempat tinggal mahasiwa/i berupa Asrama. Asrama dibedakan menjadi asrama Putra dan Asrama Putri yang letaknya berjauhan atau terpisah. Dibawah ini adalah gambar gedung Asrama Putri STIKES Suaka Insan.

Perpustakaan merupakan hal yang sangat vital dalam proses pencarian ilmu oleh mahasiswa/i. Perpustakaan STIKES Suaka Insan melalui manajemennya telah mengupayakan untuk memenuhi standar perpustakaan secara terkareditasi dan modern yang mampu menjawab keinginan pengguna dalam mencari ilmu.

 

Kerjasama

STIKES Suaka Insan dalam proses pengambangannya sudah bekerjasama dengan berbagai instansi yang bermanfaat untuk meningkatkan kualitas sumber daya lulusan perawat. Kerjasama dilakukan baik secara local, reginal, nasional bahkan internasional. Kerjasama Internasional dilakukan dengan St. Paul University of the Philippines, Filipina dan Thailand bahkan Cina. Kerjasama dimaksudkan untuk mengejar dan menyesuaikan kompetensi lulusan perawat yang terstandar bukan hanya secara Nasional tapi Internasional.

 

Kegiatan kerjasama dengan luar negeri atau internasional yang telah dilakukan adalah kunjungan belajar, praktik di lahan seperti rumah sakit dan komunitas dan juga kerjasama dalam bidang Pendidikan dan penelitian.

 

Program Pendidikan

Pendidikan keperawatan setingkat Sarjana Keperawatan dan profesi ditempuh dalam waktu lima tahun. Empat tahun atau 8 semester digunakan untuk mendalami sisi akademik dari ilmu keperawatan dan satu tahun atau dua semester digunakan untuk menjalani program profesi (Ners). Sedangkan untuk Pendidikan diploma keperawatan akan ditempuh dalam waktu 6 semester atau tiga tahun.

Seperti Pendidikan sarjana lainnya di Indonesia, mahasiswa/I pada masa pendidikannya dituntut untuk membuat sebuah karya tulis ilmiah. STIKES Suaka Insan juga mewajibkan mahasiswa/inya untuk membuat sebuah karya tulis dalam bentuk penelitian yang dalam proses pembimbingannya dibimbing dan dikontrol oleh mereka yang ahli dibidangnya. STIKES Suaka Insan juga menyediakan akses pencarian literature yang luas melalui manajemen perpustakaannya yang secara operasional telah bekerjasama dengan perpustakaan Nasional Indonesia dalam penyediaan Katalog digital.

Penelitian yang sudah dihasilkan oleh mahasiswa/I, yang layak untuk di publikasikan selanjutnya difasilitasi untuk diikutsertakan dalam ajang presentasi dan publikasi hasil penelitian baik tingkat local, regional, nasional bahkan internasional.

Lulusan

STIKES Suaka Insan sampai saat ini sudah menelurkan banyak lulusan yang memagang peran penting dalam dunia keperawatan dan juga kesehatan di Indonesia. Sebagai tambahan, STIKES Suaka Insan tidak hanya merambah pasar tenaga kerja local dan nasional, tapi dalam perkembangannya mampu melahirkan lulusan yang mampu bersaing dengan lulusan dari luar negeri dan berkarya di luar negeri.

Pembiayaan dan pembayaran dana operasional

STIKES Suaka Insan memberikan kesempatan pembayaran uang semester sebanyak empat kali angsuran dalam satu semester. STIKES Suaka Insan juga bekerja sama dengan Pemerintah dalam pemberian beasiswa bidik misi dan beasiswa dari Kopertis yang mencapai 8 juta rupiah setiap semesternya.  Hal ini dilakukan untuk memberikan kemudahan dan juga kesempatan bagi mahasiswa/I untuk memperoleh Pendidikan yang berkualitas dan ter-update tanpa harus mengkhawatirkan mengenai hal-hal yang tidak perlu.

Nah, sekarang. Tunggu apa lagi, ayo daftarkan dirimu dan capai karir masa depanmu dengan bergabung dengan STIKES Suaka Insan.

 

sumber

Tags: No tags

Leave a Comment