Mahasiswa/I STIKES Suaka Insan mengikuti kegiatan Paripurna Membaca Alkitab dalam 312 Hari

Banjarmasin, 19 Maret 2022. Beberapa Mahasiswa/I STIKES Suaka Insan dari Program Studi Ilmu Keperawatan dan Ilmu Fisioterapi mengikuti kegiatan Paripurna Membaca Alkitab dalam 312 Hari. Kegiatan ini dimulai pada tanggal 29 Juni 2021 dan berakhir sekitar 50 hari kemudian terhitung mulai tanggal 18 Maret 2022. Kegiatan ini diselenggarakan oleh Delegatus Kitab Suci Keuskupan Banjarmasin, yang diikuti oleh banyak umat Katolik yang berada di wilayah Keuskupan Banjarmasin secara khusus, dan beberapa provinsi dan Keuskupan di Indonesia seperti Jakarta, Surabaya, Ambarawa, Magelang dan masih banyak lagi. Tidak dapat dipastikan secara tepat berapa jumlah peserta yang mengikuti kegiatan ini karena setiap malam kegiatan, jumlah peserta yang ikut bergabung bervariasi.

Lebih lanjut, kegiatan ini terbuka bagi siapa saja yang ingin membaca Alkitab.  Kegiatan ini pun dapat diakses oleh seluruh umat Katolik di Indonesia melalui YouTube channel Warta Keban – Keuskupan Banjarmasin. Kegiatan ini diselenggarakan dengan tujuan untuk mendorong umat agar bertekun membaca Alkitab secara paripurna, atau dalam artian membaca Alkitab mulai dari kitab Kejadian hingga kitab Wahyu.

Dalam salah satu kesempatan wawancara, Mahasiswi STIKES Suaka Insan atas nama Deya mengatakan “Yang kami lakukan dalam kegiatan ini adalah, memimpin jalannya kegiatan dengan menjadi petugas saat kegiatan berlangsung. Kami bertugas untuk membuka kegiatan ini dengan doa pembuka, membaca Alkitab, dan doa penutup dengan diakhiri berkat penutup oleh Pastor.”

Ketika dilakukan wawancara, diketahui bahwa STIKES Suaka Insan Banjarmasin bertugas selama 1 Minggu penuh. Untuk memenuhi tugas tersebut, Mahasiswa/i Katolik dari STIKES Suaka Insan membagi tugas menjadi kelompok kecil, sekitar 4-5 orang perharinya untuk bertugas dalam kegiatan tersebut. Setelah itu, kelompok kecil yang sudah dibuat membagi tugas dan perannya masing-masing untuk menjalankan kegiatan membaca alkitab paripurna ini. Jika tidak bertugas, Mahasiswa/I ini akan mengikuti kegiatan dengan mendengarkan dan membaca Alkitab di tempat masing-masing melalui zoom.

Beberapa Mahasiswa/I yang dengan rajin mengikuti kegiatan ini sempat membagikan pesan dan kesannya. Mahasiswi atas nama Risma mengatakan, “Senang dapat bergabung dalam kegiatan Paripurna pembacaan kitab suci karena banyak mendapatkan pengalaman serta pembelajaran untuk pendalaman iman. Semoga tahun depan akan lebih banyak lagi anak anak remaja yang bersemangat mengikuti paripurna pembacaan kitab suci ini.”

Mahasiswi atas nama Amanda mengungkapkan, “Sangat senang karena mendapatkan kesempatan ikut serta dalam kegiatan paripurna ini, serta dapat bertemu dengan berbagai umat dari Keuskupan Banjarmasin walupun hanya melalui media virtual. Semoga kaum muda semakin aktif ikut serta dalam kegiatan seperti ini, dan semangat untuk melayani semakin bertambah, kepercayaan diri semakin kuat dan iman akan Yesus Kristus semakin bertumbuh.”

Mahasiswi atas nama Armiyani membagikan pengalamannya dengan mengatakan, “Saya sangat senang telah terlibat langsung  dengan paripurna baca kitab suci ini,tidak hanya untuk belajar tetapi bisa mengenal pastor, suster dan saudara-saudari seiman. Semoga kedepanya, kegiatan paripurna ini dapat dilaksanakan setiap tahun untuk lebih mendekatkan kita kepada Tuhan dan semoga lebih banyak lagi yang mengikuti kegiatan ini terutama kepada mahasiswa-mahasiswi Stikes Suaka Insan yang beragama Katolik.”

Terakhir, Mahasiswi atas nama Yunia Angela.M menambahkan, “Saya merasa sangat senang  karena telah membaca dan mendengarkan bagian dari firman Tuhan, karena akan memperkuat iman saya dimana disini saya mengenal Allah dan memahami kehendak-Nya dalam hidup saya. Membaca dan mendengarkan kitab suci juga membuat saya menyerahkan hidup saya dan berserah Kepada-Nya.” [MFA].

Tags: No tags

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *