Slide1

STIKES Suaka Insan Mengadakan Acara Silahtuhrami dan Buka Puasa bersama pada Ramadhan Hari ke-20: Keutamaan Malam Lailatul Qadar, Persaudaraan dan Toleransi Antarumat beragama

Penulis: Zubaidah dan Mutia

Penyunting: Maria Frani Ayu Andari Dias

 

Banjarmasin, 22 April 2022. Stikes Suaka Insan mengadakan acara silahturahmi sekaligus buka puasa bersama lintas agama, yang juga diadakan bertepatan dengan Ramadhan hari ke-20. Acara ini dirangkai sedemikian rupa sehingga bisa berjalan dengan lancar dan kental semangat kekeluargaannya. Tidak hanya umat muslim yang ikut dalam kegiatan ini, tapi juga umat non-muslim ikut hadir dan membantu menyukseskan acara ini.

Kegiatan ini diawali dengan habsy, kemudian berdoa sebelum melanjutkan ke acara yang berikutnya. Doa pembukaan dipimpin oleh Ahmad Surya Panarang, pembacaan ayat suci Al-Qur’an oleh Rizky Okta Pratama & tilawah oleh Juminah. Setelah itu, kegiatan dilanjutkan dengan mendengarkan tausiyah dari Ustadz Sarmiji Asri, S.Ag, MHI. Inti dari tausiyah yang disampaikan adalah tentang “Keutamaan Malam Lailatul Qadar.”

Pembacaan ayat suci Al-Qur’an oleh Rizky Okta Pratama. Doc. UKM Jurnalistik, April 2022.

Setelah acara tausiyah, acara kemudian dilanjutkan dengan buka puasa bersama. Kegiatan buka puasa bersama dilakukan dengan menyantap bermacam-macam takjil, es buah dan tidak lupa juga kurma sebagai ciri khas puasa. Acara buka puasa lalu dilanjutkan dengan sholat magrib berjamaah dan diakhiri makan bersama. Tamu undangan yang berhadir adalah sekitar 100 orang lebih yang terdiri dari 59 dosen & tenaga pendidik, dua Suster  SPC, serta mahasiswa dan mahasiswi sebanyak  52 orang.

Kata Sambutan oleh Ketua STIKES Suaka Insan, Sr. Imelda Ingir Ladjar, SPC.,BSN.,MHA. Doc. UKM Jurnalistik, April 2022.

Tujuan diselenggarakannya acara ini adalah agar “Terjalinnya silaturahmi, tidak hanya antar dosen baik yang muslim dan non-muslim tapi juga enga  Mahasiswa/I muslim yang ada di STIKES Suaka Insan sendiri. Jadi, supaya terjalinnya silaturahmi diantara semua civitas akademika Stikes Suaka Insan” kata ibu Sapariah Anggraini, S.Kep.,Ners.,M.Kep, yang bertugas sebagai koordinator acara.

Ibu Sapariah Anggraini, S.Kep.,Ners.,M.Kep juga menambahkan bahwa, “Asal mula acara ini, lahir dari adanya keinginan Ketua STIKES Suaka Insan Sr. Imelda Ingir Ladjar, SPC.,BSN.,MHA untuk melaksanakan kegiatan berbuka puasa bersama antara karyawan STIKES Suaka Insan. Keinginan ini disambut baik dengan inisiatif untuk mengikutkan mahasiswa/I, terutama yang tergabung dalam UKM FAMOSSI. Anggota FAMOSSI ikut andil dalam acara ini, sehingga acara ini berlangsung berkat kerjasama dari semua pihak, kemudian kerjasama dengan tim FAMOSSI dan tim UKM Jurnalistik STIKES Suaka Insan juga.

Selanjutnya, “Acara ini berjalan dengan lancar. Tidak ada kendala apapun dalam mempersiapkan acara ini karena semua tim baik dosen dan panitia FAMOSSI bekerjasama dan saling berkoordinasi, sehingga acara berjalan dengan sukses dan mudah sampai Hari-H”.

Selama 2 tahun ini, akibat pandemic covid-19, kita tidak pernah bisa menyelenggarakan yang namanya buka puasa bersama. Setelah 2 tahun ini, alhamdulillah, kita dapat menyelenggarakan acara ini dengan cukup meriah, yang dihadiri oleh banyak karyawan dan mahasiswa/I muslim serta yang non-muslim.” lanjut Ibu Sapariah Anggraini, S.Kep.,Ners.,M.Kep.

Kesan yang disampaikan oleh enga napa acara, Sapariah Anggraini, S.Kep.,Ners.,M.Kep.  “Saya melihat bagaimana kerjasama baik yang terjalin antara dosen-tendik dan mahasiswa itu luar biasa. Tidak ada yang lebih tinggi dan tidak ada yang lebih rendah jabatannya, sama-sama kita berbaur di sini. Kemudian, pengkoordinasian tugas masing-masing yang sesuai jobdisk-nya, sehingga tidak ada lagi kesalahan dalam acaranya. Acara ini berjalan dengan lancer, dan sesuai dengan yang diharapkan” serta harapannya “Semoga acara ini terus berlanjut ditahun-tahun berikutnya tetap ada dan semakin meriah lagi dari hari ini”.

Tausiyah dari Ustadz Sarmiji Asri, S.Ag, MHI di Aula Marie Anne STIKES Suaka Insan. Doc. UKM Jurnalistik, April 2022.

Ibu Septi Machelia Champaca Nursery, S.Kep.,Ners.,M.Kep, membagikan kesannya mengenai acara ini, “Saya diberikan mandate oleh Ketua Stikes Suaka Insan untuk mengkoordinasi acara hari ini. Perasaan saya, tentu saja senang, karena dalam 2 tahun terakhir selama masa enga na corona, kita tidak pernah mengadakan buka acara puasa bersama seperti ini, dan kali ini merupakan kesempatan yang baik untuk menunjukkan eksistensi kita sebagai staf atau karyawan serta mahasiswa/I muslim serta nonmuslim juga. Kita dapat saling bersilahturahmi dalam acara buka puasa bersama. Saling mempererat ikatan persaudaraan dan kerukunan antar umat beragama, karena mengingat di STIKES Suaka Insan ini, kita tidak hanya beragama Islam saja, tapi juga ada yang beragama Kristen, Katolik, Hindu dan Buddha, sehingga artinya dengan toleransi seperti ini kita dapat mempererat tali silahturahmi kita

Lanjut, hal yang menarik dan unik menurut Ibu Septi Machelia Champaca Nursery, S.Kep.,Ners.,M.Kep, “Yang pertama, memang kali ini kita mengahadirkan habsy untuk bersholawat pada Nabi Muhammad SAW. Kemudian yang kedua, hadirnya bapak Ust. Tarmiji.  Beliau adalah akademisi di Universitas Islam Banjarmasin, yang memberikan tausiyah tentang kerukunan antar umat beragama terutama dikalangan STIKES Suaka Insan Banjarmasin, artinya tema yang kita junjung pada hari ini adalah dengan keragaman kita beragama di Sekolah kit aini, dapat mempererat tali silahturahmi tidak hanya pada enga  muslim saja tetapi juga keluarga dan kerabat kita yang non-muslim juga.”

Saya berterimakasih sekali pada peserta, terutama para pimpinan yang memberikan support baik materi segi dana dan dukungan motivasi terhadap kita semua, sehingga acara ini dapat terlaksana dengan baik. Yang kedua adalah para panitia. Saya mengucapkan terimakasih banyak dan pesannya supaya nanti insyaallah tahun depan, enga nap juga bertemu kembali di acara yang sama seperti ini. Peserta baik muslim dan non-muslim, staf dosen dan civitas akademika ikut serta dalam acara hari ini, memeriahkan acara ini. Saya berharap agar acara seperti ini dapat berkesinambungan secara berkala di institusi , an pimpinan juga mendukung kami sehingga acara ini bisa berlangsung tahun depan dan tentunya terlaksananya dengan baik dengan pembentukan kepanitiaan sehingga terkoordinir dengan baik,” sambung Ibu Septi Machelia Champaca Nursery, S.Kep.,Ners.,M.Kep.

Foto bersama panitia penyelenggara Dosen, Tendik dan Mahasiswa/i dalam kegiatan “Silaturahmi dan Buka Puasa Bersama Karyawan dan Mahasiswa/i STIKES Suaka Insan.” Doc. UKM Jurnalistik, April 2022.

Tim jurnalistik juga mewawancarai tamu undangan dan panitia acara ini dan mereka memberikan respon yang sangat baik dengan kesan pesan yang unik.

Vitha Sari, Mahasiswi STIKES Suaka Insan, Prodi Ilmu Keperawatan Semester VI, mengatakan “Saya merasa sangat bahagia dapat berkumpul bersama para dosen dan teman-teman saya menikmati nikmatnya suguhan acara yang sudah disediakan. Semoga setelah acara ini kekeluargaan kita semakin erat, dan semoga di tahun yang akan datang selalu ada acara buka bersama ini lagi. Bersama mahasiswa lain seperti teman-teman yang non-muslim dan undangan dari kampus lain.”

Allan, Mahasiswa STIKES Suaka Insan, Prodi Ilmu Keperawatan juga mengatakan “Saya sangat senang mengikuti acara ini karena sudah lama saya tidak mengikuti acara yang seperti ini. Saya bisa mendapat ilmu, bisa bersilahturahmi. Pesan saya, semoga bisa melakukan acara yang seperti ini untuk tahun berikutnya dan tidak tertunda lagi seperti kejadian covid ditahun-tahun kemarin.”

Rizky Nur Abidah, Mahasiswi STIKES Suaka Insan, Prodi Ilmu Keperawatan, mengatakan “Selaku ketua pelaksana, merangkap menjadi MC, saya merasakan sensasi cemas, takut, dan senang. Tetapi, lebih ke cemas karena ada beberapa acara yang tidak sesuai dengan yang sudah disepakati. Untungnya, semua berjalan sesuai dengan yang diharapakan” Hal menarik menurutnya, “Saya bisa melihat toleransi dari berbagai agama yang mengikuti kegiatan ini. Kalau diliat tadi, para suster-suster SPC juga ikut penasaran enga napa yang diceritakan oleh Pak Ustad. Toleransinya sangat luar biasa! Karena ini adalah pertama kalinya saya menjadi ketua pelaksana, mungkin bisa kerjasama dengan para dosen demi tercapainya tujuan dari acara ini adalah sesuatu yang sangat luar biasa. Semoga kalau ada acara lagi, bisa lebih teratur dan terkoordinasikan dengan baik.”

Rizky Okta Pratama mengatakan selaku pelantun ayat suci Al-Qur’an, “Alhamdulillah senang rasanya, karena dapat berperan dan berpartisipasi dalam acara tersebut. Hal menariknya dalam acara ini adalah dihadiri oleh dosen-dosen serta karyawan dan ada juga teman-teman yang non-muslim ikut dalam acara ini, sehingga terlihat persatuan dalam perbedaan. Semoga acara ini dapat dilaksanakan setiap tahunnya, dan menjadi agenda rutin kita untuk tahun-tahun selanjutnya.”

Kegiatan ini dilaksanakan dengan terus dan tetap memperhatikan protokol pencegahan penyebaran infeksi Covid-19 yang sudah ditetapkan oleh pemerintah. Salam Paulinian! Hidup Mahasiswa! Semangat, In Omnibus Caritas!

Foto bersama panitia dan peserta usai kegiatan. Doc. UKM Jurnalistik, April 2022.

Dukung terus UKM Jurnalistik STIKES Suaka Insan untuk dapat terus berkarya dan melakukan peliputan berita dengan menyisihkan sebagian rejeki Bapak, Ibu, Saudara/I dan rekan-rekan sekalian melalui link Saweria berikut, https://saweria.co/UKMJurnalistikSSI. [UKM Jurnalistik].

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *