Pengumuman

Buku Tata Tertib, PA, & Konsultasi Akademik

Artikel pengumuman - Penulis admin | Diposting pada : 2017-07-07

BAGIAN  I

TATA TERTIB AKADEMIK

PENGAJAR/DOSEN DAN MAHASISWA

 

Tata tertib pembelajaran STIKES Suaka Insan disusun mengacu kepada PP No 60 tahun 1999 tentang pendidikan Tinggi dan UU No 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasioal sebagai berikut :

 

PERKULIAHAN

  1. 1.        PENGAJAR/DOSEN

1)      Pada setiap awal semester, pengajar wajib menyampaikan GBPP (Garis-garis Besar Program Pengajaran, Analisa Instruksional (AI), dan rencana perkuliahannya (satuan acara perkuliahan = SAP / Silabus ) kepada PA dan mahasiswa.

2)      Pada setiap kegiatan perkuliahan, pengajar wajib melaksanakan presensi mahasiswa menggunakan formulir daftar hadir mahasiswa yang disediakan oleh sekolah.

3)      Pada setiap perkuliahan pengajar wajib mengisi daftar hadir dosen sesuai dengan formulir yang disediakan oleh sekolah.

4)      Jika karena suatu hal, dan kegiatan perkuliahan tidak dapat dilaksanakan menurut jadwal, pengajar wajib memberitahukan kepada sekolah, dan mahasiswa mengusahakan waktu lain sebagai penggantinya.

5)      Setiap akhir kuliah, daftar hadir diserahkan kepada bagian tata usaha

6)      Tenaga pengajar yang tidak mengindahkan peraturan ini akan diberikan sanksi administrasi dan atau akademik.

 

  1. 2.      MAHASISWA:

A). Setiap mahasiswa berkewajiban untuk:

1).  Mematuhi semua peraturan/ketentuan yang berlaku di STIKES             Suaka  Insan

2).   Menghargai ilmu pengetahuan, teknologi dan seni dengan         menjunjung tinggi prinsi-prinsip kejujuran akademik.

3).   Menjaga kewibawaan nama baik STIKES Suaka Insan.

     B). Hal-Hal yang tidak sesuai dengan kejujuran akademik adalah:

1).  Melanggar etik pergaulan akademik.

2). Memalsukan data atau memberikan informasi yang tidak benar /berbohong.

3).  Melakukan kecurangan dalam ujian atau memberi contekan (melalui             HP dan krepean).

4). Melakukan pembocoran soal ujian melalui mencuri soal ujian atau      memberikan sesuatu kepada pihak terkait agar mendapatkan soal             ujian.

5).  Melakukan plagiat dalam karya ilmiah.

6).  Melakukan pemalsuan nilai dan ijazah.

7). Menggunakan dokumen STIKES Suaka Insan untuk keuntungan      pribadi atau untuk suatu tujuan yang tidak sesuai dengan        peruntukan dokument tersebut.

 

C). Pelanggaran terhadap prinsip-prinsip kejujuran akademik diatas dapat        dikenakan sanksi akademik berupa:

  1. Teguran Lisan
  2. Teguran tertulis
  3. Dikeluarkan dari Stikes Suaka Insan
  4. Diproses hukum karena melakukan tindak pidana (UU No 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional  

 

  D).  KEHADIRAN DALAM PERKULIAHAN DAN PRAKTEK

   A. PERKULIAHAN

  1. Mengikuti perkuliahan dan tidak meninggalkan ruang kuliah selama kuliah berlangsung kecuali bila ada ijin khusus dari yang berwenang di lingkungan STIKES Suaka Insan.
  2. Mengisi dafar hadir yang diedarkan pada saat perkuliahan sedang berlangsung. Bila tidak mengisi daftar hadir dianggap absen.
  3. Tidak dibenarkan mengaptifkan HP selama waktu pembelajaran berlangsung. Bagi yang mengaktifakan HP saat pembelajaran berlangsung maka HP akan di ambil dan baru dapat diambil kembali di kantor sekretariat setelah 2 Minggu.
  4. Tidak melakukan pemalsuan tanda tangan pada buku Praktik, Absensi dan dokumentasi lainya yang dikeluarkan oleh Stikes Suaka Insan.
  5.  Mahasiswa diwajibkan memakai uniform yang telah ditentukan dalam mengikuti semua kegiatan akademik (ketentuan uniform diatur sendiri)
  6. Mentaati peraturan-peraturan yang ditetapkan oleh masing-masing koordinator Mata ajar termasuk ketentuan-ketentuan lain yang telah ditetapkan institusi.
  7. Mahasiswa yang tidak hadir pada suatu perkuliahan, wajib menyampaikan surat pemberitahuan kepada dosen yang bersangkutan tentang alasan ketidak hadirannya.
  8.             Mahasiswa wajib mengikuti kegiatan perkuliahan minimal 75%, kecuali apabila ada hal  lain di luar kemampuannya    dengan disertai keterangan sah.
  9.             Mahasiswa wajib melaksanakan semua tugas perkuliahan seperti praktikum,   pembuatan makalah, laporan atau tugas lain  yang sejenis.
  10. Tidak melakukan coret-coret dengan apapun serta merusak peralatan yang ada di dalam maupun di luar ruang kuliah dan lingkungan STIKES Suaka Insan. Bila ada peralatan yang rusak maka mahasiswa wajib mengganti. 
  11. Wajib mengikuti kegiatan ekstrakurikuler yang ditentukan oleh institusi.

      

                B.  PRAKTEK

  1. Setiap mahasiswa akan mendapatkan nursing kit dari sekolah yang akan digunakan untuk kegiatan praktikum dengan cara menebusnya sesuai dengan ketentuan yang berlaku.
  2. Harus mengisi presensi kehadiran sesuai dengan ketentuan yang berlaku.
  3. Mahasiswa harus membawa perlengkapan dinas sendiri sesuai dengan ketentuan yang berlaku selama kegiatan praktikum.
  4. Mahasiswa senantiasa harus tampil rapi, bersih dan memperhatikan kelengkapan pakaian dinas selama kegiatan praktikum.
  5. Mahasiswa senantiasa harus menunjukkan sikap profesional dan mentaati semua peraturan yang berlaku di lahan praktek.
  6. Mahasiswa harus segera memberikan laporan kepada clinical instructor pendidikan dan lahan atau pihak yang berwenang jika ada sesuatu yang luar biasa selama praktek.

 

  1. C.    KESALAHAN DI LAHAN PRAKTEK
    1. Mahasiswa wajib segera memberitahukan kepada clinical instructur pendidilkan dan lahan atau pihak yang  berwenang jika ada kesalahan atau kecelakaan dalam praktek.
    2. Mahasiswa bertanggung jawab atas kesalahan atau kecelakaan yang dilakukannya dan membuat incident report atau laporan sesuai dengan prosedur yang berlaku.
    3. Mahasiswa yang melakukan kesalah atau kecelakaan kepadanya      akan dikenakan   sanksi atau diproses sesuai dengan ketentuan       yang berlaku. (Prosedur penanganan kecelakaan atau kesalah diatur   dalam ketentuan tersendiri

 

 

Untuk versi full nya silahkan DOWNLOAD

Pengumuman Hasil Uji Wawancara dan Uji Tertulis Gelombang I T.A 2017/2018 dan Jadwal Tes Uji Kesehat

Artikel pengumuman - Penulis admin | Diposting pada : 2017-06-15

 

 

Perpustakaan Online

Artikel pengumuman - Penulis admin | Diposting pada : 2017-04-21

Diberitahukan kepada seluruh Dosen, Staff, Pimpinan, dan Mahasiswa STIKES Suaka Insan Banjarmasin bahwa Katalog Buku Perpustakaan sudah bisa diakses online, silahkan kunjungi link berikut :

http://perpustakaan.stikessuakainsan.ac.id

- See more at: http://stikessuakainsan.ac.id/index.php/coba/detberita/berita/61#sthash.yrn7rSZD.dpuf

Penerimaan Mahasiswa Baru T.A 2016/2017

Artikel pengumuman - Penulis admin | Diposting pada : 2017-02-10

STIKES Suaka Insan merupakan Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan yang mempunyai visi menjadi unggul ditingkat Nasional dikelola secara profesional, terus bertumbuh dan berwawasan global di tahu 2018. Kini STIKes Suaka Insan membuka penerimaan calon mahasiswa baru untuk tahun ajaran 2017/2018 dengan program studi sebagai berikut :

  1. S1 Ilmu Keperawatan (Reguler & Jalur Khusus)
  2. DIII Keperawatan

Pendaftaran dimulai pada :

Acara Gelombang I Gelombang II
Pendaftaran 18 Januari-11 Juli 2017 13 Juni - 6 Agustus 2017
Uji Wawancara 13 Juni 2017 8 Agustus 2017
Uji Tulis 14 Juni 2017 9 Agustus 2017
Pengumuman Hasil Uji Wawancara dan Tulis 15 Juni 2017 10 Agustus 2017
Uji Kesehatan 15 Juni 2017 10 Agustus 2017
Pengumuman Kelulusan 16 Juni 2017 11 Agustus 2017
Daftar Ulang Calon Utama & Cadangan 16-25 Juni 2017 11-20 Agustus 2017
Masuk Asrama 11-20 Agustus 2017
Pertemuan Orang Tua Mahasiswa Baru 24 Agustus 2017
Pengenalan Program Studi 24-27 Agustus 2017
Tahun Ajaran Baru 2017/2018 29 Agustus 2017
Pendaftaran ONLINE : KLIK DISINI UNTUK MENUJU WEBSITE PMB

Waktu Pendaftaran 08.00 - 15.00 WITA

Uang Pendaftaran Rp 350.000

Syarat Pendaftaran :

  1. Fotocopy Ijazah / Surat Tanda Lulus yang Dilegalisir = 2 Lembar
  2. Fotocopy SKHU / Transkrip Nilai yang Dilegalisir = 2 Lembar
  3. Pas foto terbaru ukuran 3x4 = lembar (Pakaian Sopan)

Tempat pendaftaran :

KANTOR SEKRETARIAT STIKES SUAKA INSAN BANJARMASIN

Telp. (0511) 3361654 / 3363700

 

Contact Person :

Lucia Andi C, S.Kep, Ners ( 0822-5177-0073 )

Sr. Imelda I Ladjar, SPC, BSN, MHA ( 0813-4885-4007 )

 
1