STIKES SUAKA INSAN MENGADAKAN KEGIATAN VAKSINASI MASSAL BEKERJASAMA DENGAN PUSKESMAS SUNGAI BILU

Reporter : Ayu Puspitasari & Mutia

Editor: Maria Frani Ayu Andari Dias

 

 

Banjarmasin, Senin 29 Maret 2022. Stikes Suaka Insan Banjarmasin mengadakan Vaksinasi 1, 2, dan Booster baik untuk Mahasiswa, Pegawai di Lingkungan Stikes Suaka Insan hingga Masyarakat di luar kampus. Total keseluruhan peserta yang mengikuti vaksinasi ini berjumlah 169 orang. Kegiatan vaksinasi ini merupakan kerjasama antara Stikes Suaka Insan dengan Puskesmas Sungai Bilu.

Tujuan dari pelaksanaan kegiatan vaksinasi ini, seperti yang disampaikan oleh Ketua STIKES Suaka Insan, Sr. Imelda Ingir Ladjar, SPC, BSN.,MSN adalah “untuk membantu dan meningkatkan imun dalam tubuh siapa pun yang mendapatkan vaksinasi ini, agar pada saat orang ini terpapar oleh virus covid-19, Ia tidak akan mengalami gejala-gejala yang memberatkan dia. Selain itu, ini juga merupakan upaya sekolah untuk mewujudkan fungsinya dalam melayani kebutuhan masyarakat pendidikan (Mahasiswa, Dosen dan Karyawan Sekolah) dan Masyarakat pada umumnya akan pelayanan vaksinasi.”

Vaksinasi hari ini berjalan dengan lancar berkat kerjasama dengan berbagai pihak. Selain petugas vaksinator dari puskesmas Sungai Bilu, terdapat juga beberapa relawan yang turut membantu dalam proses vaksinasi ini. Relawan tersebut berjumlah delapan orang yang merupakan bagian dari Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) STIKES Suaka Insan.

Salah satu relawan mengatakan alasan dibalik keikutsertaannya dalam kegiatan vaksinasi ini. Menurutnya, “Saya ingin berguna bagi banyak orang. Walaupun pada saat ini saya sedang ada perkuliahan, namun saya meminta izin untuk membantu pelaksanaan vaksinasi di Stikes Suaka Insan. Terdapat beberapa kendala dan masalah, tapi kami relawan berusaha memperbaiki dan mengatasinya.

Keikutsertaan relawan, yang merupakan Mahasiswa/I dari STIKES Suaka Insan dalam kegiatan vaksinasi massal ini sangat membantu kelancaran kegiatan dan proses vaksinasi.

Seperti yang sudah disampaikan oleh salah satu relawan, kendala pasti akan ditemui dalam pelaksanaan kegiatan seperti ini. Petugas Vaksinator yang bekerja pada kegiatan ini menyampaikan bahwa “Kendala terbesar dalam pelaksanaan vaksinasi hari ini adalah pada belum semua peserta vaksinasi yang memiliki aplikasi Pedulilindungi di gadget mereka.  Petugas harus secara hati-hati melakukan pemeriksaan kelengkapan vaksin pertama dan kedua, lalu melihat apakah mereka (peserta vaksinasi) sudah cukup bulan untuk mendapatkan vaksin ketiga atau vaksin booster.”

Selanjutnya, menurut petugas vaksinasi (vaksinator) juga mengatakan bahwa,“Untuk mengatasi kendala itu, para petugas vaksinasi membuka data peserta melalui portal kami dan memprosesnya dari sana. Walaupun memang langkah ini memerlukan waktu.

Selain kendala, ada juga hal menarik dan unik yang terjadi pada kegiatan vaksinasi hari ini, seperti yang disampaikan oleh petugas vaksinator ini, “Nama peserta yang mendapatkan vaksin hari ini, susah disebut oleh lidah orang Banjar. Contohnya, Dyedel Shyangcita Shaljabilla” kemudian peserta vaksin juga mengatakan hal menarik dan unik saat vaksin di Stikes Suaka Insan, “Walaupun sudah sering kita itu disuntik 1 dan 2, tapi ada beberapa teman-teman atau rekan-rekan baik itu mahasiswa ataupun civitas akademiknya sendiri yang masih takut untuk di suntik. Nah, tadi itu ada kejadian lucu sampai teriak dan menangis”.

Kegiatan vaksinasi yang dilaksanakan di STIKES Suaka Insan ini, menjadi kegiatan yang memberikan kesan baik bagi siapapun yang terlibat didalamnya.

Salah satu Dosen STIKES Suaka Insan, yang juga merupakan peserta vaksinasi mengatakan “Saya berharap, kegiatan ini bisa diteruskan, dimana ini juga bisa membangun rasa percaya dirinya mahasiswa untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat seperti, melakukan pemeriksaan tekanan darah, mengukur suhu dan melakukan validasi kepada pasien. Ini menjadi gambaran awal pelayanan kepada pasien di rumah sakit atau tempat pelayanan kesehatan di masyarakat lainnya.”

Mahasiswa STIKES Suaka Insan juga mengatakan “Saya berpesan untuk orang-orang yang belum pernah vaksin, lebih baik ikut vaksin yang sudah dianjurkan oleh pemerintah. Ini demi kesehatan diri kita sendiri, supaya lebih aman. Saaya sangat berterimakasih kepada pihak Stikes Suaka Insan yang sudah memfasilitasi dan menyediakan  pelayanan seperti ini

Anggota masyarakat yang juga ikut serta dalam kegiatan ini mengatakan bahwa proses vaksinasi yang dilaksanakan di STIKES Suaka Insan membuatnya tidak perlu lama menunggu, “Mudah ya semuanya lancar dan tidak sulit dan antriannya tidak panjang.

Ketua Stikes Suaka Insan juga mengatakan “Semuanya dapat berjalan dengan baik, ada koordinasi juga yang baik terhadap mahasiswa dan dosen yang membantu maupun non akademik juga ikut membantu karena ini sudah jauh-jauh hari diinformasikan sehingga ini tersampaikan dengan baik. Saya bersyukur banyak peserta vaksin yang datang termasuk orang luar, itu artinya informasi ini tersampaikan ke semua orang yang ingin vaksin. Kita yang menyediakan vasilitas disini agar mereka mendapatkan vasilitas itu artinya kita juga membantu programnya pemerintah dan juga programnya wilayah ini, agar semua orang dapat memperoleh vaksin, agar semua orang mampu menangkal virus covid-19 dan kita dapat lebih sehat

Relawan yang ikut serta dalam kegiatan ini memberikan apresiasinya kepada pihak penyelenggara, “Saya sangat berterimakasih kepada pihak BEM yang memberikan kesempatan kepada saya untuk menjadi relawan, dan juga pesan saya kepada masyarakat diluar sana agar mengikuti kegiatan vaksinasi yang telah disediakan

Petugas Vaksinator dari Puskesmas Sungai Bilu, setelah menyelesaikan kegiatan vaksinasi massal ini mengatakan “Acungan jempol untuk Suster, karena fasilitas yang disediakan membantu kita bekerja setangkas ini. Dalam 2 jam 15 menit, dapat memberikan vaksin sebanyak 169 orang dengan situasi yang kondusif.”

Semoga kegiatan vaksinasi massal yang dilaksanakan oleh STIKES Suaka Insan dan Puskesmas Sungai Bilu ini menjadi sebuah kegiatan yang bermanfaat bagi masyarakat, dan ikut menyukseskan program pemerintah untuk memberikan perlindungan optimal bagi seluruh warga Indoensia.  

 

Dukung terus UKM Jurnalistik STIKES Suaka Insan untuk dapat terus berkarya dan melakukan peliputan berita dengan menyisihkan sebagian rejeki Bapak, Ibu, Saudara/I dan rekan-rekan sekalian melalui link Saweria berikut, https://saweria.co/UKMJurnalistikSSI. [UKM Jurnalistik].

Tags: No tags

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *