WhatsApp Image 2022-04-17 at 10.07.44 PM

Asrama Putera dan Puteri STIKES Suaka Insan Merayakan Paskah dan Buka Puasa Bersama

Penulis: Maria Frani Ayu Andari Dias

Minggu, 17 April 2022. Mahasiswa/I penghuni Asrama Putera dan Puteri STIKES Suaka Insan merayakan Paskah dan sekaligus kegiatan buka puasa bersama. Kegiatan ini dirancang dan dilaksanakan secara bersama-sama berkat kerjasama dari para pengurus kedua asrama.

Perayaan Paskah dan Buka Puasa bersama Asrama Putera dan Puteri STIKES Suaka Insan

 

Kegiatan perayaan paskah ini dimulai pada jam 17.00 WITA dan berakhir sekitar jam 21.00 WITA. Kegiatan ini pun dibagi menjadi beberapa bagian, seperti pengarahan dari pembina asrama, doa, perlombaan cari telur paskah, buka puasa bersama, permainan dan juga penampilan-penampilan menarik dari penghuni asrama putera dan puteri.

Sebelum acara dimulai, pembina asrama, Ibu Maria Frani Ayu Andari Dias yang mewakili Sr. Gertrudis Tutpai, SPC memberikan sedikit pengarahan untuk kegiatan yang akan dilaksanakan pada hari minggu tersebut. Dalam pengarahan, disebutkan pentingnya kerjasama dalam menyukseskan kegiatan hari itu, dan juga semangat untuk menikmati perayaan yang sudah disiapkan oleh para panitia. Pengarahan selanjutnya dilanjutkan dengan doa pembukaan yang dibawakan oleh salah satu Mahasiswa penghuni asrama Putera.

Setelah doa pembukaan, acara yang dibawakan oleh Mutia, penghuni asrama Puteri dan, Rido Kalelu, penghuni asrama Putera, dilanjutkan dengan menampilkan “Yel-yel” yang sudah disiapkan oleh masing-masing penghuni asrama putera dan puteri. Kegiatan selanjutnya dilanjutkan dengan perlombaan menghias telur. Kegiatan menghias telur ini merupakan salah satu kegiatan khas perayaan Paskah. Kegiatan lainnya adalah mencari telur bersama.

Kegiatan menghias telur, diikuti oleh perwakilan dari asrama putera dan puteri. Setiap asrama mengirimkan lima orang perwakilannya, dan mengerjakan tantangan yang sudah disiapkan oleh panitia. Masing-masing penghias telur diberi waktu selama 10 menit untuk menghias telur, dan 1 menit untuk melakukan presentasi karya. Total sepuluh telur yang berhasil dihias, yang juga mengandung makna dan pesan dalam perayaan yang sangat penting pada hari tersebut. Tiga orang pemenang dipilih secara adil oleh juri.

Setelah kegiatan menghias telur selesai, dilanjutkan dengan kegiatan mencari telur paskah. Panitia sebelumnya sudah bergerak secara serempak menyembungikan telur-telur paskah di lingkungan STIKES Suaka Insan, dan pada kesempatan yang sudah diatur, semua penghuni asrama didorong untuk mencari serta menemukan telur-telur ini. Kegiatan ini juga dilakukan sambil menunggu waktu berbuka puasa bagi teman-teman yang beragama Islam.

Kegiatan mencari telur paskah ditutup dengan buka puasa bersama, dengan diawali dengan mengonsumi es buah yang sudah disediakan oleh panitia kegiatan. Es buah yang segar menjadi pelega yang menyegarkan bagi mereka yang berpuasa. Syukur atas hari yang luar biasa.

Kegiatan selanjutnya dengan makan bersama, yang dilakukan di ruang makan asrama puteri STIKES Suaka Insan.

Kegiatan Buka Puasa bersama di Ruang Makan Asrama Puteri STIKES Suaka Insan

Ruang makan sebelumnya sudah diatur oleh panitia dengan sedemikian rupa, agar dapat memenuhi kebutuhan makan bersama seluruh penghuni asrama yang berjumlah lebih dari 60 orang. Metode makan secara duduk (lesehan) dipilih sebagai posisi yang tepat untuk mengakomodasi kegiatan buka puasa bersama ini. Menu ayam panggang dan lalapan menjadi menu kegiatan berbuka puasa pada hari tersebut.

Setelah kegiatan berbuka puasa bersama, penghuni asrama putera dan puteri melanjutkan dengan mencuci peralatan makan mereka masing-masing dan merapikan ruang makan. Ruang makan selanjutnya disulap menjadi panggung untuk melakukan aktivitas perlombaan atau permainan dan juga pertunjukkan.

Perlombaan atau permainan pertama dalam ruang makan adalah “tebak gaya.” Permainan tebak gaya atau pantonim ini dilakukan secara beregu, dan lebih dari 10 orang penghuni asrama yang ikut terlibat dalam permainan ini. Banyak gerak-gerik lucu yang ditampilkan oleh para pemain, yang menyulut kegembiraaan dan sorak bahagia dari para penghuni asrama yang menyaksikan.

Permainan selanjutnya adalah “berebut kursi.” Permainan ini digabungkan dengan lagu dan sorak penuh antusias dari para penghuni asrama lainnya. Banyak hal-hal lucu, menyegarkan dan penuh keceriaan yang ditampilkan oleh para pemain.

Acara perayaan paskah dan buku puasa bersama pun dilanjutkan dengan penampilan kreatif dari para penghuni asrama. Menyanyi secara berkelompok, yang dibawakan oleh kelas dengan nama “Siollanos” berhasil menjadikan ruang makan asrama pada saat itu bak konser mini. Lampu-lampu yang dipadamkan, dan diganti dengan cahaya smartphone menjadikan suasana begitu haru dan membahagiakan. Penampilan terakhir, yang menjadi penutup acara pada hari tersebut dibawakan oleh para penghuni asrama putera. Petikan gitar, yang dilengkapi dengan suara-suara merdu para penghuni asrama putera mengantarkan seluruh peserta kegiatan dalam suasana yang nyaman dan menghibur.

Kegiatan selanjutnya, ditutup dengan doa malam bersama, dan kegiatan foto-foto.

Sr. Gertrudis Tutpai, SPC, sebagai Pembina asrama putera dan puteri STIKES Suaka Insan, syukurnya dapat hadir untuk menutup kegiatan paskah dan buka bersama pada hari itu.

Semoga kegiatan ini menjadi bagian dari upaya pengembangan karakter dan kreatifitas dari para penghuni asrama putera dan puteri STIKES Suaka Insan. Semoga ini juga menjadi pengingat bahwa meskipun setiap hari sudah sangat disibukkan dengan berbagai kegiatan perkuliahan, setiap orang tidak lupa untuk menghibur diri dan bersenang-senang. Atas hari yang luar biasa ini, syukur kepada Tuhan. Salam Paulinian. In Omnibus Caritas.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *