Makna seorang Kartini di STIKES Suaka Insan

Penulis : Sr. Imelda Ingir Ladjar, SPC, MHA

Dipagi ini nuansa kampus menjadi berbeda karena diwarnai oleh Kartini-Kartini yang setiap hari berbalut seragam dinas yang kadang tampak kaku dan panas tetapi degan memperingati Hari Kartini, semua Dosen, Tendik dan Non akademik diberikan kebebasan untuk mengekpresikan kekartinian mereka melalui busana Kartini baik yang Klasik maupun modern. Kita mengawali dengan Puisi Ibu Kita Kartini dan doa, dilanjutkan dengan Fashion show “Kartini Stylist”.

Makna yang ingin kami highlight dengan peringatan Hari R.A Kartini  ini adalah:

1.Mendapatkan Kesetaraan dalam Hak Pendidikan

Perjuangan Kartini melawan diskriminasi mendorong perempuan modern saat ini untuk berani melawan stereotip perempuan. Ibu-ibu Kartini yang memiliki semangat yang luar biasa adalah mereka yang dengan sungguh-sungguh berdedikasi di STIKES Suaka Insan dengan keahlian masing-masing dibidangnya. Mereka telah memberikan dirinya seutuhnya untuk melayani institusi yang didasari Cinta Kasih. Mereka tidak perlu ragu, karena sejatinya memiliki hak dan kesempatan yang sama dalam mengejar mimpi dan cita-citanya mengenyam pendidikan tinggi dan mendedikasikan diri di perguruan tinggi

2. Mendorong Percaya Diri Perempuan dalam Berkarir

Di era pandemic sekarang ini dan di era digital para perempuan bisa bekerja dengan berbagai bentuk dan cara yang beragam. Mereka juga menunjukkan performance stereotip melalui prestasi perempuan dalam ranah profesional kerja, mengembangkan potensi dalam diri, berkarir bukan sekadar mencari uang dan perekonomian, namun jadi teladan dan menjalankan hak asasi setiap orang. Perempuan modern ialah perempuan yang memiliki semangat juang tinggi, kepercayaan diri, yakin terhadap kemampuan yang dimiliknya, perempuan yang memiliki keinginan untuk memerdekakan dirinya, dan memiliki prinsip hidup yang kuat.

3. Membangkitkan Kualitas Hidup Perempuan

Semangat Kartini telah membuka ruang bagi para wanita dalam meningkatkan kualias hidupnya seperti peran sinerginya dalam setiap sector dan di STIKES Suaka Insan sendiri hampir 80% adalah para wanita yang disatu sisi sebagai pendidik professional tetapi dilubuk hatinya yang terdalam adalah memiliki jiwa caring terhadap anak didik dibidang kesehatan yang mengedapankan kelemah lembutan dan altruistic, empaty dan tanggung jawab dalam membentuk tenaga professional  mampu menjawab kebutuhan masyarakat.

Demikian kegiatan kami hari ini dengan performance “ Ibu Kartini Masa Kini” kami memberikan reward kepada para Kartini yang memenuhi kriteria sebagai berikut:

  1. KeserasianStylist
  2. Kerapihan
  3. Model Baju
  4. Kekartinian
  5. Semangat Kartini

Hasil penilaian dari kelima (5) evaluator maka pemenangnya adalah:

  • Juara I : Ibu Theresia Jamini : 1. 813
  • Juara II : Ibu Yutta Krisnamurti : 1. 758

“PROFICIAT UNTUK KEDUA IBU KARTINI STIKES SUAKA INSAN 2022”

Tags: No tags

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *