WhatsApp Image 2022-05-06 at 9.30.39 PM

STIKES Suaka Insan dan Puskesmas Angsau melaksanakan Kegiatan Penyuluhan Kesehatan untuk Penderita Hipertensi di Kabupaten Tanah Laut Kalimantan Selatan

Penulis: Maria Frani Ayu Andari Dias

Sabtu, 23 April 2022. STIKES Suaka Insan bersama Puskesmas Angsau melakukan kegiatan penyuluhan kesehatan dengan topik “Kendalikan Hipertensi dengan ‘PATUH’ ” di RT 6 Kelurahan Sarang Halang, Kabupaten Tanah Laut, Kalimantan Selatan.
Kegiatan penyuluhan kesehatan yang dimotori oleh para Ners muda yang berjumlah 14 orang dengan dua orang pembimbingnya, serta didukung oleh Puskesmas Angsau, berhasil menarik lebih dari 10 keluarga untuk ikut ambil bagian dari kegiatan penyuluhan ini. Keluarga atau anggota masyarakat yang kebanyakan adalah masyarakat lanjut usia dengan aktif ikut serta dalam setiap sesi penyuluhan yang sudah disusun oleh pihak penyelenggara. Dalam kegiatan ini, hadir pula pimpinan Puskesmas Angsau, Ibu dr. Nurlatifah.

Kepala Puskesmas Angsau, dr. Nurlatifah. Doc. Ners Muda Pelaihari, 2022.

Kegiatan penyuluhan kesehatan ini terjadi sebagai tindak lanjut dari rangkaian praktik pemberian asuhan keperawatan gerontik dan keluarga bagi pasien atau warga yang wilayah kerja Puskesmas Angsau. Lebih dari 80% pasien dan keluarga yang dirawat memiliki masalah yang sama, yaitu diagnosis penyakit Hipertensi (atau tekanan darah tinggi), dan kesulitan untuk mengatur atau memanajemen cara untuk hidup dan merawat keadaaan penyakit ini.

Kegiatan Penyuluhan Kesehatan “PATUH” untuk Mencegah dan Mengatasi Masalah Hipertensi. Doc. Ners Muda, Pelaihari 2022.

Hipertensi sendiri adalah masalah yang tidak hanya memberatkan pasien, tapi juga adalah keluarga dan warga masyarakat disekitarnya. Hal ini menyebabkan masalah hipertensi adalah masalah bersama. Melalui kegiatan penyuluhan ini, diharapkan agar semua pihak yang terlibat, tidak hanya terbatas pada pasien, ikut serta dalam kegiatan atau program yang sudah diluncurkan oleh pemerintah.
Kegiatan penyuluhan ini, menekankan pada cara mencegah dan sekaligus merawat penyakit hipertensi dengan menggunakan prinsip PATUH. PATUH adalah kepanjangan dari P (Periksa kesehatan secara rutin dan ikuti anjuran dokter), A(Atasi penyakit dengan pengobatan yang tepat dan teratur), T (Tetap diet dengan gizi seimbang), U (Upayakan aktivitas fisik dengan aman), dan H (Hindari asap rokok, alkohol dan zat karsinogenik lainnya). Sikap dan prinsip PATUH sudah terbukti dapat membantu mencegah dan juga merawat mereka yang mengalami penyakit hipertensi.
Kepala Puskesmas Angsau, dr. Nurlatifah menjelaskan bahwa
“Masalah hipertensi adalah masalah kita semua. Kelalaian kita (Petugas kesehatan dan Masyarakat, Red) untuk melakukan pencegahan dan deteksi dini akan menjadi masalah yang pasti memberatkan bagi kita semua. Masyarakat, tentu saja yang akan mengalami dampak paling berat dari masalah hipertensi ini.”
Lebih lanjut, dr. Nurlatifah juga mengatakan,
“Pemerintah sudah meluncurkan banyak program dan kegiatan, yang berpusat pada upaya promosi dan pencegahan kesakitan. Petugas kesehatan memiliki tugas untuk mewujudnyatakan implementasi program ini di masyarakat, dan masyarakat bekerja sama dengan petugas kesehatan serta pemerintah untuk menyukseskan program ini. Kesehatan kita adalah tanggung jawab kita bersama. Semangat gotong royong untuk menyelesaikan masalah hipertensi di masyarakat akan mempercepat pencapaian tujuan mengurangi angka kejadian hipertensi di masyarakat.”
Keempat belas ners muda yang bekerja keras untuk mewujudkan kegiatan penyuluhan kesehatan ini adalah Hj. Henny Mulyani, S.Kep, Deni Kristiana, S.Kep, Erna Ningsih, S.Kep, Henny Sugiharyawati, S.Kep, Ida Lestari, S.Kep, Istiqomah, S.Kep, Latifah Azmiyah, S.Kep, Listina, S.Kep , Ni Luh Eka Karyani, S.Kep, Subarjo, S.Kep, Yasmidinah, S.Kep, Yenny Rahmah, S.Kep, dan Yohana Hartatyaningsih, S.Kep. Sedangkan kedua dosen pembimbing, yang ikut serta dalam kegiatan ini adalah Ns. Lanawati, S.Kep.,M.Kep dan Ns. Maria Frani Ayu Andari Dias.

Kegiatan Pemeriksaan Kesehatan Gratis yang dilakukan oleh Ners Muda, STIKES Suaka Insan. Doc. Ners Muda, Pelaihari 2022.

Kegiatan penyuluhan kesehatan kemudian diikuti dengan kegiatan pemeriksaan gratis untuk tekanan darah, asam urat, gula darah dan kolesterol serta pembagian sembako bersama masyarakat. Salam Paulinian.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *