WhatsApp Image 2022-05-31 at 2.34.01 PM

STIKES Suaka Insan Mengikuti Kegiatan Pelatihan Singkat National University Debating Championship (NUDC) yang diselenggarakan oleh LLDIKTI XI

Maria Frani Ayu Andari Dias

Banjarmasin, 30 Mei 2022. STIKES Suaka Insan ikut berpartisipasi dalam kegiatan Pelatihan Singkat National University Debating Championship (NUDC) yang diselenggarakan oleh Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi Wilayah XI (LLDIKTI XI) secara daring. Kegiatan ini melibatkan seluruh perguruan tinggi swasta yang berada di lingkungan LLDIKTI Wilayah XI. Kegiatan yang diselenggarakan dari jam 9.00 WITA sampai jam 17.00 WITA ini diikuti oleh lebih dari 100 orang peserta, baik Dosen pendamping dan juga Mahasiswa/I.

STIKES Suaka Insan mengirimkan tiga orang Mahasiswa/i-nya untuk ikut serta dalam kegiatan ini, yaitu, Ahmad Surya Panarang (Mahasiswa Sarjana Keperawatan Semester II), Fransiska Natasha Fardi (Mahasiswi Sarjana Keperawatan Semester II), dan Aprilia Anjelika Putri (Mahasiswi Sarjana Keperawatan Semester IV). Bersama tiga mahasiswa ini, Ibu Maria Frani Ayu Andari Dias, ikut serta sebagai dosen pendamping.

Mahasiswa/i STIKES Suaka Insan, Delegasi untuk Mengikuti Kegiatan Pelatihan Singkat Debat Bahasa Inggris. Senin, 30 Mei 2022.

Pembukaan kegiatan pelatihan ini, langsung diberikan oleh Bapak Dr. Drs. Muhammad Akbar, M.Si sebagai Kepla LLDIKTI Wilayah XI. Dalam sambutannya, beliau menyampaikan bahwa,

“Sangatlah penting bagi Mahasiswa/I untuk mengikuti kegiatan National University Debating Championship (NUDC) yang diselenggarakan dan juga didukung oleh pemerintah ini. Kegiatan debat adalah kegiatan yang melatih Mahasiswa/I untuk tidak hanya menggunakan otaknya saja, tapi juga menunjukkan keterampilan penting seperti etika dalam berbicara atau menyampaikan pendapat. Universitas atau sekolah yang mengirimkan kandidatnya untuk mengikuti kegiatan ini, ikut serta dalam upaya untuk meningkatkan prestasi sekolah di lingkungan LLDIKTI XI. Sebuah kebanggaan dan apresiasi yang luar biasa untuk semua.”

Sejalan dengan yang disampaikan oleh Dr. Drs. Muhammad Akbar, M.Si, ketua LLDIKTI IX, kegiatan National University Debating Championship (NUDC) adalah merupakan kegiatan yang melatih atau mengasah kemampuan Mahasiswa/I untuk berpikir cepat, kritis, kreatif dan logic. Ini merupakan set keterampilan yang dimasukkan ke dalam kemampuan berpikir tingkat tinggi atau yang juga dikenal sebagai Higher Order Thingking. Selain itu, kegiatan debat juga melatih kemampuan softskill Mahasiswa/I untuk dapat bekerjasama dalam tim, memimpin dan lain sebagainya, selain juga membantu Mahasiswa/I untuk mengembangkan sikap (Attitude) mereka, seperti sopan santun dalam berbicara dan mengemukakan pendapat.

Kegiatan pelatihan National University Debating Championship (NUDC) menghadirkan tiga orang Narasumber yaitu, Bapak Rachmat Nurcahyo, Ibu Retno A.D.S Wulandari dan Ibu Penta Olivia A. Rayendra. Ketiganya adalah para narasumber yang sudah lama malang melintang dalam dunia debat berbahasa Inggris. Kegiatan pelatihan ini pun dilakukan secara dwi lingual yaitu dengan menggunakan secara bergantian bahasa Indonesia dan bahasa Inggris.

Kegiatan Pelatihan National University Debating Championship (NUDC) yang dilaksanakan oleh LLDIKTI IX. Senin, 30 Mei 2022.

Beberapa catatan sudah dikumpulkan sebagai tindak lanjut kegiatan pelatihan ini. Sangat diharapkan agar STIKES Suaka Insan, sebagai salah satu sekolah tinggi yang berada di wilayah kerja LLDIKTI IX untuk ikut ambil bagian dalam kegiatan National University Debating Championship (NUDC) yang sudah direncanakan.

Salam Paulinian! Semangat In Omnibus Caritas!

 

 

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *