WhatsApp Image 2022-07-26 at 10.27.00 AM

Workhop Editor Jurnal: Komitmen STIKES Suaka Insan untuk Meningkatkan Kualitas Publikasi Ilmiah di Bidang Ilmu Kesehatan dan Keperawatan

Penulis: Maria Frani Ayu Andari Dias

 

Banjarmasin, 25-28 Juli 2022. STIKES Suaka Insan melalui Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat-nya mengutus tiga orang pengelola jurnal, Jurnal Keperawatan Suaka Insan (JKSI) dan Jurnal Suaka Insan Mengabdi (JSIM), untuk mengikuti kegiatan “Workshop Editor Jurnal “Penyuntingan dan Pengelolaan Open Journal Systems (OJS)” yang diselenggarakan oleh Nursing Training Center, Fakultas Ilmu Keperawatan, Universitas Indonesia. Workshop yang dilakukan selama total empat hari ini dilaksanakan secara daring dengan secara intensif mempelajari dan juga mempraktikkan penyuntingan naskah/manuskrip publikasi dan pengelolaan OJS versi 2.

Workshop Editor Jurnal: Penyuntingan dan Pengelolaan Open Journal Systems (OJS), 25-28 Juli 2022.

Tiga orang pengelola jurnal yang ditugaskan adalah, Ibu Oktovin, Bapak Refki Khaira Habibi dan Ibu Maria Frani Ayu Andari Dias. Ketiganya bertindak sebagai peserta kegiatan atau workshop.

Dalam kegiatan workshop ini, dipelajari hal-hal penting seperti, peran dan tanggung jawab editor jurnal, cara untuk merekrut dan memilih peneliti, editor dan reviewer, penelaahan substansi artikel ilmiah berdasarkan rancangan penelitian dan tata Kelola jurnal dengan OJS versi 2.

Ibu Dr. Imami Nur Rachmawati, S.Kp.,M.Sc sebagai Narasumber dalam Workshop Editor Jurnal, 25 Juli 2022.

Banyak hal yang dapat dipelajari, terutama dari penyelenggara acara yang memiliki jurnal kelolaan yang sudah mendapatkan peringkat SINTA 1 dan terindex SCOPUS, Jurnal Keperawatan Indonesia (JKI). Hal-hal mengenai pengelolaan atau manajemen jurnal yang sukses dibagikan secara luar biasa oleh para pembicara atau tutor yaitu, Ibu Dr. Imami Nur Rachmawati, S.Kp.,M.Sc, Ibu Dessie Wanda, S.Kp.,M.N.,Ph.D, Bapak M. Bahrian Shalat, S.Kom, dan Ibu Rina Setiana, S.Kep.

Semua pengalaman belajar yang diperoleh oleh peserta dan khususnya pengelola JKSI dan JSIM, jurnal yang dikelola oleh STIKES Suaka Insan, diharapkan dapat meningkatkan kualitas pengelolaan kedua jurnal kelolaan dan secara umum dapat memberikan sumbangsih dalam peningkatan kualitas publikasi ilmiah ilmu keperawatan secara nasional dan dunia.

Dalam kata penutupnya, Ketua Nursing Training Center FIKUI, Dr. Sigit Mulyono, S.Kp.,M.N menyampaikan bahwa,

“…Status ilmu keperawatan di mata ilmu-ilmu lain di dunia masih dalam tahap perkembangan dan pematangan. Perawat, diharapkan dapat belajar dengan cepat dan beradaptasi dengan keadaan, terutama perkembangan keilmuan dan dinamika kehidupan manusia dan lingkungan pada saat ini. Kegiatan publikasi ilmiah, adalah jalan yang sepi dan saat ini masih sepi dukungan, tapi sedikit demi sedikit peran perawat dalam publikasi ilmiah terutama dalam pengelolaan jurnal sudah mendapatkan tempatnya yang sangat vital dalam masyarakat keilmuan.”

Lebih lanjut, Bapak Dr. Sigit Mulyono, S.Kp.,M.N juga menyampaikan agar para perawat dan juga praktisi pengembangan/pengelolaan jurnal ilmiah keperawatan agar tidak hilang semangat dan harapan untuk dapat mengupayakan kualitas publikasi ilmiah yang berkualitas di negeri ini.

Sejalan dengan pesan yang disampaikan oleh ketua Nursing Training Center FIKUI tersebut, STIKES Suaka Insan pun ikut serta dan berkomitmen dalam upaya peningkatan kualitas penelitian dan publikasi ilmiah dalam bidang ilmu kesehatan dan keperawatan di negeri ini. Semoga, semua kerja keras dan upaya ini dapat membawa berkah dan kebaikan bagi semua. Salam [MFA].

 

 

 

 

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *