IMG_1451

STIKES SUAKA INSAN MENGADAKAN KEGIATAN JALAN SEHAT PERTAMA KALINYA SETELAH PENDEMI COVID-19

Penulis: Maliana dan Yeni Anggraeni

Editor: Maria Frani Ayu Andari Dias

Banjarmasin, 14 Oktober 2022. Stikes Suaka Insan untuk pertama kalinya mengadakan kegiatan jalan sehat yaitu berupa jalan santai yang diikuti semua mahasiswa Stikes Suaka Insan. Kegiatan jalan santai ini diusulkan oleh Ibu Heriyani, SE selaku Kepala Biro Administrasi Akademik (BAA) dengan persetujuan dari ketua STIKS Suaka Insan Sr.Imelda Ingir Ladjar, SPC.,BSN.,MHA  dan diselenggarakan oleh anggota BEM (Badan Eksekutif Mahasiswa). Kegiatan ini dilakukan sebagai bagian dari progam kerja BEM yaitu “Jumat Produktif” agar mahasiswa/i Stikes Suaka Insan lebih produktif, sehat dan seimbang hidupnya.

Acara ini diselenggarakan agar masyarakat maupun warga sekitar dapat lebih mengenal Stikes Suaka Insan, sekaligus mempromosikan kampus sehingga menarik minat masyarakat agar mendaftarkan anak, saudara/i mereka untuk bersekolah atau melanjutkan Pendidikan di Stikes Suaka Insan. Kegiatan ini pun bertujuan memperkuat tali persaudaraan antar mahasiswa/I serta menjaga dan meningkatkan kesehatan jasmani dan rohani.

Kegiatan jalan sehat ini dapat berjalan lancar dengan dibantu oleh panitia yang sudah dipilih untuk memandu rute perjalanan dan dokumentasi kegiatan. Mahasiwa/i STIKES Suaka Insan banyak yang berasal dari luar kota Banjarmasin. Para Mahasiswa/i terlihat antusias dan merasa senang mengikuti kegiatan jalan santai karena kegiatan ini untuk pertama kalinya dilakukan, dan mereka mendapatkan kesempatan untuk berkeliling sambil berjalan kaki menyusuri sedikit sisi kota Banjarmasin.

Rute perjalanan jalan sehat kali ini dimulai dari depan STIKES Suaka Insan dijalan H. Zafri Zam-Zam menuju tower PDAM di jalan Mayjen Sutoyo S belok kekiri menuju pertigaan jalan Kinabalu dan belok kiri dipersimpangan jalan Mulawarman melewati lapangan SKB dan SMPN 9 Banjarmasin dijalan Pembangunan 2 serta kembali lagi ke lingkungan kampus Stikes Suaka Insan.

Koordinator acara menegaskan bahwa, “Kegiatan berlangsung dengan lancar dari persiapan panitia maupun siswa/i yang mengikuti kegiatan ini juga akan kami evaluasi kembali mengenai tim kesehatan dan persediaan plastik sampah yang akan dipakai pada saat jalan sehat berikutnya.

Melihat antusiasme dan respon yang diperoleh, panitia atau koordinator acara akan kembali menyelenggarakan acara jalan sehat berikutnya dengan agenda kerja bakti dengan menyiapkan persediaan plastik sampah.

Hal yang menarik dan unik dari acara jalan sehat kali ini yaitu mahasiswa/I menggunakan baju olahraga kampus dengan berkeliling, maka menjadi hal yang baru bagi masyarakat untuk lebih mengenal STIKES Suaka Insan. Kegiatan yang dilaksanakan untuk pertama kalinya setelah lebih dari dua tahun absent ini, menjadi hal sangat menarik terutama bagi masyarakat dan warga sekitar.

Kesan dan pesan dari koordinator acara “Semoga kegiatan ini bisa terlaksana minimal 1 kali dalam sebulan agar mahasiswa/i tetap produktif dan sehat secara fisik dan mental agar selalu siap dan kuat sebelum terjun ke dunia kerja. Meskipun jalan santai hanya dilakukan sekali dalam sebulan itu sudah menjadi salah satu langkah untuk menuju hidup sehat. Jadi, sebelum merawat pasien kita harus sehat dalam fisik dan mental,

Kesan dan pesan dari peserta lainnya yaitu “Semoga jumat produktif ini akan selalu diadakan dan ditingkatkan lagi, dan jika diadakan jalan sehat lagi, semoga jalan sehat tersebut dapat diikuti juga oleh para dosen dan suster-suster. Selain itu, disertakan juga kerja bakti dan akan lebih baik lagi mahasiswa/i STIKES Suaka Insan mengadakan olahraga bersama di Stadion 17 Mei”.

Kesan dari mahasiswi semester 1 “Kegiatan ini sangat menghibur diri dan juga bisa dikatakan healing. Sebagai orang rantau saya dan para mahasiswa lain juga bisa dapat mengenali lingkungan sekitar kampus. semoga kegiatan ini dapat berjalan terus.”

Salam Sehat ! Salam Paulinian! Hidup Mahasiswa! In Omnibus Caritas!

 

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *