IMG_7731

STIKES SUAKA INSAN MELAKSANAKAN PROGRAM JUMAT PRODUKTIF DENGAN SENAM SEHAT

Penulis :Mohamad Satrio Adi Nugroho

Editor: Maria Frani Ayu Andari Dias

Banjarmasin, Jumat 21 Oktober 2022. Dalam beberapa waktu ini, STIKES Suaka Insan menjalankan program yang disebut sebagai “Jumat Produktif.” Salah satu kegiatan, yang merupakan implementasi dari program ini adalah diadakannya “Senam Sehat.” Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk tetap menjaga produktivitas, kesehatan fisik dan jiwa dari seluruh warga STIKES Suaka Insan. Kegiatan senam ini juga dilaksanakan untuk membantu menjalankan program kerja oleh Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM).

Kegiatan “Senam Sehat” ini diusulkan oleh Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) yang sudah diadakan sejak hari Jumat, 30 September 2022. Pelaksanaan kegiatan ini sangat didukung oleh para dosen dan Ketua STIKES Suaka Insan.

Salah satu alasan terwujudnya kegiatan ini adalah upaya untuk membangun rasa kekeluargaan antar sesama warga STIKES Suaka Insan, agar lahirlah lingkungan dan relasi sosial yang sehat dan nyaman bagi mahasiswa/i STIKES Suaka Insan. Dayanie Natasya, Ketua BEM 2021/2023, mengatakan,

Kegiatan “Senam Sehat” ini dilakukan sebanyak 2 kali dalam sebulan, lebih tepatnya pada minggu pertama dan minggu ketiga dalam satu bulannya. Pelaksanaan “Senam Sehat” ini juga merupakan bentuk refreshing bagi seluruh mahasiswa/i agar tidak terlalu jenuh dalam menjalani masa perkuliahan mereka.”

Kegiatan senam pagi yang diselenggarakan di halaman kampus STIKES Suaka Insan, tidak hanya diikuti oleh mahasiswa/i nya saja tetapi beberapa dosen juga ikut serta dalam pelaksanaan senam pada kesempatan tersebut. Pada kesempatan kali ini, pihak panitia Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) turut mendatangkan seorang instruktur senam dari luar kampus. Hal ini tentu saja membawa suasana dan euphoria yang berbeda dari kegiatan “Senam Sehat” sebelumnya. Dengan adanya seorang instruktur senam, kegiatan senam pada kali ini berhasil berjalan dengan lancar.

Euphoria ini juga dirasakan oleh mahasiswi peserta senam dari semester 1, Nela Priskila, yang mengatakan bahwa,

Hari ini saya merasa bersemangat dalam mengikuti senam, karena ada berbagai macam lagu energik yang diputar, sehingga membuat kami semakin semangat dalam mengikuti senam pagi ini”.

Saat kegiatan senam berlangsung, respon dari peserta yang mengikuti senam turut mencairkan suasana. Hal ini dapat dibuktikan dengan seluruh peserta yang tampak menikmati senam yang dipandu oleh instruktur dari luar kampus tersebut. Jenis dari senam yang dilakukan pada pagi itu juga beragam, dimulai dari senam aerobik hingga senam zumba pun turut dibawakan oleh instruktur. Ibu Erna, selaku instruktur senam mengatakan bahwa

Ini merupakan pengalaman pertama saya menjadi instruktur senam di STIKES Suaka Insan, karena sebagai pengalaman baru untuk saya mengajar para mahasiswa/i, apalagi kalo pada semangat begini saya jadi ikut semangat ngajarinnya. Apalagi adek-adek ini kan merupakan mahasiswa/i sekolah kesehatan, jadi harus benar-benar sehat karena olahraga itu penting”.

Ibu Erna menambahkan,

Ada juga hal menarik dan uniknya, yaitu rame dan heboh. Lalu beberapa disana ada yang nonton saja, ada yang antusias ikut senam, apalagi waktu bagian lagu barat seperti lagu dari girl band Blackpink diputar, mereka antusias dengan semangat mengikutinya”.

Nemesius Franky Da Costa, Wakil Ketua BEM 2021/2023 mengatakan,

Hal yang menarik adalah pada saat senam, yaitu mahasiswa/i STIKES Suaka Insan sangat aktif mengikuti gerakan yang heboh dari instruktur. Meskipun gerakannya cepat, mereka tetap ikut bergerak mengikuti alunan senam yang dibawakan oleh instrukturnya”.

Ini juga merupakan debut pertama kali yang dibawa oleh panitia Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) dalam berkolaborasi dengan seorang instruktur senam. Seorang mahasiswi peserta senam dari semester 5, Hesti Kurniawati  juga mengatakan bahwa,

Menurut saya pribadi, kegiatan kali ini sangat menarik sekali karena yang pertama, instruktur senamnya merupakan orang luar kampus yang membantu agar kegiatan ini menjadi lebih semangat untuk dijalani, kegiatannya menjadi lebih terpadu dan lebih powerful, dan juga bisa lebih mengeluarkan keringat dengan suasana yang asik. Senamnya juga sebelum-sebelumnya monoton dengan senam yang seadanya, tetapi kali ini dibuat berbeda dengan adanya instruktur yang dibawakan dari luar tersebut. Yang saya sukai pada kegiatan senam kali ini adalah dengan adanya target waktu dalam pelaksanaannya. Sebelum kegiatan dimulai, instrukturnya telah menyampaikan bahwa “Kita akan senam selama 1 jam” dan itu yang saya sukai, setiap kegiatan yang akan kita lakukan lebih baik disertai dengan target waktu”.

Ibu Erna, sebagai instruktur senam juga menyampaikan bahwa,

Saya merasa ikut bahagia, dan pesannya untuk semua mahasiswa/i di sini, semoga dengan adanya setiap minggu olahraga ini semakin semangat olahraganya, mengingat bahwa ini kan sekolah kesehatan, jadi yang namanya Kesehatan itu penting. Terutama hal yang membawa kita untuk sehat seperti olahraga, menjaga asupan gizi makan, dan lainnya”.

Walaupun dalam sebulan kegiatan senam ini hanya dilakukan 2 kali, ini merupakan sebuah tindakan tepat yang harus diapresiasi, pembiasaan kegiatan ini dapat menanamkan pola pikir yang sehat agar setiap Mahasiswa/i STIKES Suaka Insan selalu mengingat bahwa olahraga dengan hanya melakukan senam juga dapat membawa kesehatan bagi tubuh.

Nemesius Franky Da Costa selanjutnya mengatakan bahwa, “Kegiatan ini sangat meriah karena instruktur senam bukan lagi dari mahasiswa/i, melainkan instruktur dari luar kampus, sehingga gerakan senam pun ikut berubah. Pesannya dengan kegiatan ini, semua mahasiswa/i, dosen, para staff, dan suster bisa ikut aktif dalam senam ini”.

Marilah kita mendukung program “Jumat Produktif” ini dengan harapan untuk memajukan seluruh warga kampus agar dapat lebih aktif kedepannya dengan  cara mengapresiasinya dan turut ikut andil dalam mendukung program selanjutnya yang akan diterapkan oleh Dosen, Para Staff, maupun Panitia BEM mendatang. Salam Sehat ! Salam Paulinian! Hidup Mahasiswa! In Omnibus Caritas!

Dukung terus UKM Jurnalistik STIKES Suaka Insan untuk dapat terus berkarya dan melakukan peliputan berita dengan menyisihkan sebagian rejeki Bapak, Ibu, Saudara/I dan rekan-rekan sekalian melalui link Saweria berikut, https://saweria.co/UKMJurnalistikSSI. [UKM Jurnalistik].

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *