WhatsApp Image 2022-10-27 at 3.05.08 PM

TIM PADUAN SUARA STIKES SUAKA INSAN MERAIH JUARA 1 DALAM LOMBA PADUAN SUARA YANG DISELENGGARAKAN OLEH IKATAN PUSTAKAWAN INDONESIA KOTA BANJARMASIN

Reporter : Ahmad Surya Panarang

Editor: Maria Frani Ayu Andari Dias

 

Banjarmasin, 27 Oktober 2022. Tim Paduan Suara STIKES Suaka Insan berhasil meraih juara pertama tingkat PTN/PTS pada lomba paduan suara yang diselenggarakan oleh Ikatan Pustakawan Indonesia Kota Banjarmasin di Aula Perpustakaan dan Kearsipan Banjarmasin dengan skor total 489. Tim paduan suara STIKES Suaka Insan berhasil mencapai kriteria juri dari segi intonasi, artikulasi, harmonisasi dan artistik.

Lagu yang dibawakan Tim Paduan Suara STIKES Suaka Insan adalah lagu Mars Perpustakaan dengan lagu pilihan yaitu lagu dengan judul, Ampat Lima. Selan tingkat PTN/PTS, lomba ini juga tersedia bagi tingkat SLTA. Acara ini dibuka dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya dan Mars Perpustakaan. Adapun peserta dari PTN/PTS yaitu terdiri dari 9 tim, dan tingkat SLTA terdiri dari 11 tim.

Muhammad Juanda,S.I.Pust selaku ketua pelaksana kegiatan perlombaan mengatakan bahwa tujuan acara ini diselenggarakan adalah dalam rangka memperingati Hari Sumpah Pemuda. Dengan diselenggarakannya acara ini, Siswa/i dan mahasiswa/i dapat mengenal perpustakaan dan pustakawan.

“Kegiatan ini dibuat dalam rangka memperingati hari sumpah pemuda, yang mana ini para peserta mengetahui bagaimana perpustakaan itu ada. Selain itu, juga ada pustawakan. Jadi kan kalau di sekolah atau di kampus ada guru dan dosen, kalau di perpustakaan itu ada juga pengelolanya yaitu namanya pustakawan,” ucap ketua pelaksana lomba paduan suara ini.

Beliau menambahkan, “Saya sangat senang sekali, apalagi tadi pas pembukaan ketika menyanyikan lagu Indonesia Raya dan Mars Perpustakaan, karena ini peserta paduan suara semua jadi merinding ya, karena semuanya bagus-bagus sekali. Jadinya sangat senang dan bahagia sekali”.

Salah satu keunikan dari acara ini adalah lagu yang dibawakan yaitu lagu Mars Perpustakaan yang mana lagu ini jarang dilombakan terkhusus di Provinsi Kalimantan Selatan.

Kalau bicara soal keunikan pasti ada, karena untuk Mars Perpustakaan ini sangat jarang dilombakan. Kalau saya lihat bahkan hampir tidak ada terkhusus di Kalimantan Selatan. Jadi, ini mungkin jadi permulaan dan mudah-mudahan di tahun berikutnya kami tetap bisa mengadakan,” umbar ketua pelaksana kegiatan lomba paduan suara ini.

Ibu Hana Maria Uli Lumbanraja, M.Pd selaku pelatih tim paduan suara STIKES Suaka Insan juga ikut berkomentar. Beliau merasa sangat antusias dan sangat senang karena anak-anak yang beliau latih cepat paham dan sudah memiliki basic vocal yang bagus, sehingga ketika berlatih cukup dipoles dengan aransemen dan gerakan.

“Tujuan tim paduan suara STIKES Suaka Insan mengikuti lomba ini adalah untuk menambah pengalaman mahasiswa, karena dengan mengikuti lomba ini mereka bisa tahu kondisi saat di lapangan bagaimana. Selain itu, ini juga bisa menambah kepercayaan diri mereka,” ucap Ibu Hana.

Salah satu juri dari perlombaan ini, Avrisna Candra Firstyanggara, S.Kom menyampaikan bahwa rencana kedepannya lomba ini akan dilaksanakan lagi dan dibuat dengan beberapa seri lomba lain.

“Dari yang ini, nanti rencana kedepannya akan diadakan lomba series dan mungkin nanti ada beberapa seri dan ada juara umumnya nanti,” ucap Bapa Avrisna Candra.

Beliau menambahkan, “Acara ini meriah dan profesional. Memang harus didukung sportivitas yang tinggi karena namanya juga lomba itu ada yang menang dan ada yang kalah dan yang kalah jangan berkecil hati, karena kegagalan itu adalah kemenangan yang tertunda”.

Beliau juga memberikan komentar terkait penampilan dari Tim Paduan Suara STIKES Suaka Insan, “Karena saya dari orang seni memang, jadi untuk penilaiannya memang sudah ada ketentuan dan kebetulan di STIKES Suaka Insan ini semua masuk kategori itu dan memang nilainya bagus. Jadi, gak ada main apa-apa ya, karena memang sudah sewajarnya sudah untuk jadi juara satu”.

Untuk kategori tingkat SMA, SMAN 11 Banjarmasin berhasial menempati posisi pertama pada perlombaan paduan suara ini. Pelatih mereka, Muhammad Hashfi Had’yan, S.Pd mengatakan, “Ini sangat luar biasa, dan sangat bangga. Ini jujur saja, masalah lomba ini tidak menyangka juga bisa menjadi juara 1, karena tadi juga SMAN 3 Banjarbaru luar biasa bagusnya dan saya mengucapkan selamat kepada Tim Paduan Suara STIKES Suaka Insan sudah berhasil meraih posisi pertama”.

Beliau juga ikut menyatakan komentarnya terkait penampilan dari Tim Paduan Suara STIKES Suaka Insan, “STIKES Suaka Insan memang sudah bagus penampilannya dan pantas menjadi juara 1. Namun, komentar dari saya suara tenornya terlalu nyaring sehingga kurang menyatu dengan suara yang lain”.

Saran dan masukkan dari Bapak Muhammad Hashfi Had’yan, S.Pd ini menjadi catatan penting untuk UKM Paduan Suara dan tim paduan suara STIKES Suaka Insan.

Semoga STIKES Suaka Insan semakin maju dan jaya! Salam sehat! Salam paulinian! Hidup mahasiswa!. IN OMNIBUS CARITAS.

Dukung terus UKM Jurnalistik STIKES Suaka Insan untuk dapat terus berkarya dan melakukan peliputan berita dengan menyisihkan sebagian rejeki Bapak, Ibu, Saudara/I dan rekan-rekan sekalian melalui link Saweria berikut, https://saweria.co/UKMJurnalistikSSI. [UKM Jurnalistik].

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *