IMG-20221120-WA0079

STIKES SUAKA INSAN’S CREW (SSI’s Crew) MERAIH JUARA HARAPAN 1 LOMBA DANCE FESTIVAL ANTASARI

Penulis : Ahmad Surya Panarang & Alfiah Khairunnisa

Editor: Maria Frani Ayu Andari Dias

 

Banjarmasin, 20 November 2022. STIKES Suaka Insan (SSI)’s Crew yang merupakan tim tari STIKES Suaka Insan berhasil masuk final dan meraih Juara Harapan I dalam acara Festival ANTASARI (Akselerasi dan Transformasi Ekonomi Digital Terkini) yang diselenggarakan oleh Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Kalimantan Selatan (KPw BI KalSel) dengan tema “Banua Go Digital”. Festival ini berlangsung dari tanggal 20 Oktober dan acara penutupan dan final lomba dance pada tanggal 19 November 2022. Acara final lomba dance dimulai pada jam 18.30 WITA di Atrium 2 DutaMall Banjarmasin. SSI’s Crew terdiri dari 4 orang, yaitu Cicilia Citra Winata (semester 3), Maria Apriliana (semester 3), Bonita Dewi (semester 1), dan Yessi Indriani (semester 1). Sebagai bentuk apresiasi kepada juara harapan I, SSI’s Crew mendapatkan hadiah sebesar dua juta rupiah.

SSI’s Crew. Cicilia Citra Winata (semester 3), Maria Apriliana (semester 3), Bonita Dewi (semester 1), dan Yessi Indriani (semester 1)

Terdapat 5 finalis yang bersaing memperebutkan posisi pertama. Sebelum masuk ke babak final, para peserta berlomba secara online melalui video yang kemudian video ini dinilai dan dipilih menjadi hanya 5 tim untuk masuk ke final. Tema yang diusung dalam lomba dance ini adalah “Digitalisasi Pembayaran di Indonesia”. Adapun ketentuan peserta, peserta berumur 16-25 tahun, berdomisili di Banjarmasin, setiap tim terdiri dari 3-5 orang dan bukan pegawai aktif Bank Indonesia. Aspek yang dinilai dalam perlombaan ini adalah kesesuaian tema, kreativitas, kekompakan, dan kesesuaian gerak dengan musik.

Awalnya itu secara online dari semi final dulu. Nah, yang untuk masuk semi final itu secara online lomba nya. Jadi take video, terus setelah dinilai baru masuk 5 besar ke final buat tampil secara offline,” ucap Maria Apriliana, salah satu anggota SSI’s Crew.

Kemudian Maria menambahkan, “Jujur, pertama senang karena bisa masuk 5 besar. Senang sekali, puji Tuhan. Terus ada kecewa sedikit karena tidak masuk 3 besar, akan tetapi tetap senang.

Agus, salah satu juri dalam acara ini berkomentar mengenai penampilan SSI’s Crew, “Untuk penampilan sebagai pembuka acara kita pada malam hari ini itu sangat bagus, powernya juga bagus. Tetapi saya akan memberikan masukan. Yang pertama, di tengah perform kalian ada beberapa part yang gerakannya missed. Kemudian yang kedua, mohon diperhatikan detail gerakkannya, terus powernya distabilkan dari awal sampai akhir itu jangan menurun. Saya lihat di waktu ending powernya lumayan menurun.”

Kemudian, ada Roy yang juga sebagai juri juga memberikan sedikit komentar, “Menurut saya sudah bagus, kemudian antara gerakan dan musiknya sudah sesuai. Kemudian yang lainnya mungkin juga sama seperti yang disampaikan Agus tadi, yaitu di bagian akhirnya. Gracias untuk SSI’s crew,” ucapnya.

Betrisia Isa Anugrahni, selaku Ketua UKM Tari STIKES Suaka Insan juga ikut memberikan komentar, “Saya merasa sangat deg-degan pastinya. Habis itu gugup juga karena mereka cuma punya waktu 2 hari aja melengkapi gerakan yang sangat luar biasa bagi saya, sebagai ketua UKM melihat mereka. Makanya saya liat tadi agak takut juga dengan pesaing-pesaing lain. Tapi, Saya senang, apalagi mereka sekarang meskipun dapat harapan satu, sudah membuat kita terharu.”

Festival ANTASARI resmi ditutup oleh Bapak Bimo Depyanto, selaku Deputi Kepala Perwakilan Kantor Perwakilan Bank Indonesia, Provinsi Kalimantan Selatan. Penutupan festival itu juga dihadiri langsung oleh Bapak Husin Luthfie, selaku Plt Staf Ahli Bidang Kerjasama dan Insvetasi Pemerintah Kota Banjarmasin, yang mewakili Walikota Banjarmasin, H. Ibnu Sina. Sebagai hiburan di akhir acara, ada penampilan dari artis nasional yaitu Cakra Khan yang menambah meriahnya acara penutupan [UKMJurnalistik.2022].

Dukung terus UKM Jurnalistik STIKES Suaka Insan untuk dapat terus berkarya dan melakukan peliputan berita dengan menyisihkan sebagian rejeki Bapak, Ibu, Saudara/I dan rekan-rekan sekalian melalui link Saweria berikut, https://saweria.co/UKMJurnalistikSSI. [UKM Jurnalistik]. 

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *