ALMAMATER WEEK Ke-XIV STIKES SUAKA INSAN: Bersinar Bersama dalam Solidaritas, Aktif dan Responsif

,

Reporter : Alfiah Khairunnisa & Maya Olivia

Editor:Maria Frani Ayu Andari Dias

 

Senin, 13 Januari 2023, STIKES Suaka Insan, mengadakan kembali pembukaan kegiatan Almameterweek ke-XIV, dengan tema Be SHINE Be STAR, dengan subtema, Bersinar bersama membentuk solidaritas dan kebersamaan dengan berperan aktif dan responsif.

 

Ketua STIKES Suaka Insan, Sr. Imelda Ingir Ladjar, SPC.,BSN.,MHA memberikan sambutan dan sekaligus membuka kegiatan Almamater Week ke-XIV. Senin, 13 Januari 2023.

 

Kegiatan Pembukaan

Kegiatan pembukaan almamater week ke-XIV, dibuka secara resmi oleh ketua STIKES Suaka Insan, Sr. Imelda Ingir Ladjar, SPC, BSN, MHA dan ketua panitia Veronika Boniti Margaretha, Mahasiswi Semester III, Program Studi Fisioterapi.

Dalam pidatonya, Ketua STIKES Suaka Insan, Sr. Imelda Ingir Ladjar, SPC, BSN, MHA, berharap agar seperti tema yang dipilih dan ditetapkan untuk kegiatan Almamater Week ke-XIV, mahasiswa/I dapat menjadi generasi Paulinian yang bersinar terang bagi sekolah, dan masyarakat pada umumnya. Demikian pula, semoga dalam kurang lebih satu minggu pelaksanaan kegiatan Almamater Week ke-XIV nanti, mahasiswa/I dapat menikmati dan ikut terlibat secara aktif dalam kegiatan-kegiatan ini.

Lebih lanjut, Ketua STIKES Suaka Insan pun menghimbau agar menjunjung tinggi respect, sebagai salah satu nilai penting yang diajarkan kepada Mahasiswa/I,  “ Respect, adalah hal yang sangat penting, Nak. Salah satu implementasinya adalah ketika kita mendapatkan tamu dari luar sekolah. Menerima, mengarahkan dan menemani mereka berurusan di sekolah kita, adalah contoh sikap respect kepada orang lain.”

Kegiatan pembukaan Almamater Week ke-XIV, selanjutnya dibuka dengan tarian yang dipersembahkan secara khusus oleh UKM Tari STIKES Suaka Insan.

Mahasiswa/i STIKES Suaka Insan dalam Kegiatan Pembukaan Almamater Week ke-XIV. Doc. UKM Jurnalistik, 2023.

Seminggu Kegiatan Almamater Week ke-XIV

Kegiatan  Almametrweek ke-XIV diadakan selama lima hari dari hari Senin sampai Jumat. Banyak sekali kegiatan-kegiatan dalam bentuk lomba, yang tidak hanya melatih fisik, tetapi juga melatih softskill dan kreativitas Mahasiswa/I. Lomba-lomba yang diadakan adalah, modern dance, Volley ball campuran, Futsal Putra dan Putri, lomba memasak, Vocal solo dan group, Mobile legend, estafet , design baju, serta pemilihan duta kampus. Terselenggaranya kegiatan ini tidak terlepas dari beberapa sponsor yaitu Wardah, Emina, Hilo, Top Coffe, dan BanjarTV.

Ahmad Surya Panarang, Mahasiswa Semester III Keperawatan mengungkapkan pendapat dan perasaanya sebagai peserta lomba Almameter Week ke-XIV, yaitu Uuntuk lomba hari inikan saya mengikuti lomba vokal grup jadi, senang perasaanya apalagi bisa tampil bersama teman-teman sekelas. Terus saya merasa penampilan tadi puas dengan apa yang sudah saya tampilkan, begitu untuk hari ini.”

Dalam mendidik dan mengembangkan Mahasiswa/I-nya, STIKES Suaka Insan tidak hanya menyibukkan Mahasiswa/I-nya dengan belajar di ruang kelas, praktek di laboratorium ataupun terjun langsung ke rumah sakit, tetapi juga melatih ketangkasan, kreativitas dan solidaritas dalam kegiatan Almamater Week ke-XIV.

Vella Anggraeni, Mahasiswa Semester VII,  merasakan ikut senang dengan diadakannya kegiatan ini terutama ketertarikan dalam perlombaan, yaitu “Almameterweek yang paling menarik itu dari segi lombaany,  karna kita kan kuliah yaa, terus banyak pembelajaran seperti itu. Jadi, ini adalah hiburan dan refreshing kita. Apalagi semester akhir,  banyak mencari hiburan baik lihat lomba eksternal maupun internal gitu sih, apalagi buat Ade-ade yang baru gitu lebih menjaga keakraban bersama.

Kegiatan Lomba Tari Berkelompok, STIKES Suaka Insan. Doc. UKM Jurnalistik, 2023.

Begitupun juga pengalaman pertama dalam mengikuti kegiatan Almamater Week di STIKES Suaka Insan yang dirasakan oleh Gracia Nathania Mangowal, Mahasiswi Semester I, “Wow bener-benar menegangkan dan seru, apalagi kelas saya memenangkan beberapa pertandingan” Gracia Nathania Mangowal, juga mengungkapkan perasaannya yang terlibat sebagai supporter untuk teman-temannya di kegiatan ini “Saya exited banget! saking semangatnya suara saya sampai habis

Veronika Boniti Margaretha, yang merupakan Mahasiswi Semester 3, Program Studi Fisioterapi, yang juga adalah ketua Panitia Almamater Week ke-XIV mengatakan ” Sebenarnya  untuk ketua itu, sebenarnya baru kali ini saya rasakan. Sebenarnya pengalaman baru bagi saya, setelah saya jalan kan ternyata tidak mudah menjadi ketua karena harus memikirkan banyak hal dan mengerti setiap defisi-defisi yang lain bagaimana menyesuaikan dan bagaimana harus mengerti dari pikiran-pikiran mereka (anggota panitia kegiatan yang lainnya). Jadi, kalau dipikir pikir jadi ketua itu susah-susah gampang ” ucapnya. Veronika Boniti Margaretha, selaku ketua panitia juga mengungkapkan hal yang menarik dalam kepanitiaan kegiatan ini, yaitu kerjasama tim, ” Hal menarik yang saya temukan,mungkin adalah kerjasama tim, dimana kita harus bekerja sama dan harus peka dalam setiap kondisi apapun sehingga bisa terbentuk chemistry yang sangat bagus dan dapat berjalan dengan lancar.

Begitupun juga kesenangan yang dirasakan, karena acara dapat berjalan sesuai ekspektasi yang dirasakan oleh Yohanes Brekman Hasan, Mahasiswa Prodi Keperawatan Semester III, yang juga bertugas sebagai salah satu Panitia sukses kegiatan, “Saya merasa senang karena jujur,  sebagai panitia, kerjanyakan banyak, terkadang apa yang kita kerjakan tidak sesuai ekspektasi, tetapi dari beberapa hari yang saya lihat ini ternyata apa yang kami siapkan itu sudah berjalan sesuai dengan ekspektasi, dan sudah berjalan sesuai apa yang kami harapkan.

Pada tahun ini, STIKES Suaka Insan juga mengadakan kegiatan perlombaan eksternal berupa perlombaan Volley Ball, yang bertujuan untuk menjalin silaturahmi dan hubungan baik dengan  mengundang beberapa sekolah yang ada di Kota Banjarmasin. Kegiatan ini mendapatkan respon yang luar biasa dari salah satu peserta lomba, Henry Setya Pranata, yang merupakan Siswa SMA 2 Banjarmasin, ” Saya merasa senang sekali karena tadi bisa menang juara 1, walaupun tadi set 2 ada kesalahan dan set 3 tadi kami langsung semangat lagi makanya bisa menang dan mendapatkan juara 1.

Salah satu kegiatan perlombaan Footsal Wanita, STIKES Suaka Insan. Doc. UKM Jurnalistik, 2023.

 

Penutupan Kegiatan

Pada hari kelima kegiatan Almamater Week ke-XIV, yaitu Jumat 17 Febuari 2023,  kegiatan Almameter Week ditutup secara resmi oleh Bapak Warjiman, MSN selaku Ketua Senat Akademik STIKES Suaka Insan. Dalam orasinya, Bapak Warjiman, MSN menekankan pembentukkan karakter yang kuat dan kerjasama yang solid dalam tim untuk mencapai tujuan bersama, yang dapat dilihat dalam setiap perlombaan yang diadakan dalam waktu kurang lebih satu minggu ini.

Bapak Warjiman, MSN memberikan orasi untuk penutupan kegiatan Almamater Week ke-XIV di Gedung Paulus, STIKES Suaka Insan.

Kegiatan penutupan selanjutnya diisi oleh hiburan dan penampilan-penampilan spektakular dari Mahasiswa/I STIKES Suaka Insan, berupa tarian dan beberapa pertunjukkan.

Menjelang akhir kegiatan ini juga diumumkan pemenang dan sekaligus penyerahan piagam untuk pemenang peserta yang mengikuti kegiatan lomba baik eksternal maupun internal. Juga tak ketinggalan pengumuman untuk lima mahasiswi yang terpilih menjadi duta kampus yaitu Duta Anti Kekerasan Seksual, Duta Perundungan, Duta Toleransi, Duta Anti-Narkoba dan Duta Anti-korupsi.

Foto Bersama, Duta Anti Kekerasan Seksual, Duta Perundungan, Duta Toleransi, Duta Anti-Narkoba, Duta Anti-korupsi dan Duta Kampus. Doc. UKM Jurnalistik, 2023.

Ketua STIKES Suaka Insan, Sr. Imelda Ingir Ladjar, SPC, BSN, MHA dalam sambutannya mengucapkan selamat atas kesuksesan kegiatan Almamater Week yang berjalan sesuai dengan tema, yaitu ditunjukkan dengan solidaritas kerja tim yang solid, kerja sama yang baik dan juga responsif.

“Kerja sama yang baik dan responsif, sangat luas ya responsif dalam arti kamu harus peka terhadap semua situasi.Contoh yang sederhana saja misalnya, kita semua ini memperhatikan hal-hal yang sekiranya itu yang menjadi nilai-nilai di sini terutama nilai kedisiplinan, sederhana dan kerja keras, dan itu sudah keliatan di dalam diri semua mahasiswa yang ada di sini, terutama dalam kalian persiapan dan berjalannya almameterweek ini.

Kesan dan pesan dari Vella Anggraeni, Mahasiswa Semester VII, Prodi Keperawatan mengatakan, “Kesan dan pesannya lebih ditingkatkan lagi dan tapi bagus untuk Almameterweek tahun ini, semoga Almameterweek tahun ini bisa menjadi hal-hal yg lebih positif lagi buat kita  baik pertemanan antar kampus antar SMA baik dan baik lingkungan kita.”

Begitupun kesan dan kesan yang disampaikan Veronika Boniti Margaretha, ketua panitia Almameteweek, yaitu“Semoga Almamater Week tahun depan jauh lebih baik dan lebih teratur sehingga tidak ada masalah apapun.” [UKM Jurnalistik, 2023].