PELANTIKAN ANGGOTA ORGANISASI MAHASISWA BARU STIKES SUAKA INSAN MASA JABATAN 2023/2025

Penulis : Ahmad Surya Panarang

Kamis, 19 Oktober 2023, STIKES Suaka Insan mengadakan kegiatan “Pelantikan Anggota ORMAWA (Organisasi Mahasiswa)” untuk masa jabatan tahun 2023-2025 di Gedung Paulus, Kampus STIKES Suaka Insan. Kegiatan ini dihadiri oleh dosen dan perwakilan dari setiap kelas mahasiswa, perwakilan BEM dari perguruan tinggi yang ada di Kalimantan Selatan, dan anggota BEM periode sebelumnya yang berperan sebagai panitia pelaksana.

Sebelumnya, telah dilakukan seleksi dan pemilihan umum untuk Ketua BEM (Badan Eksekutif Mahasiswa) dan Ketua HIMA (Himpunan Mahasiswa) PSIK dan Fisioterapi dengan Kandidat Calon Ketua BEM sebanyak 3 orang, Kandidat Calon Ketua HIMA PSIK sebanyak 3 orang, dan Kandidat Calon Ketua HIMA Fisioterapi sebanyak 2 orang.

Mendengar laporan dari Yaya Lorensa, selaku Ketua Panitia Pelaksana Pemilihan Anggota ORMAWA Baru 2023/2025, untuk ketua BEM yang baru diduduki oleh Puput Ernanda, mahasiswi sarjana keperawatan semester 5 dengan perolehan suara 112 suara. Untuk wakil, diraih oleh Veronika Boniti Margareta, mahasiswi sarjana fisioterapi semester 5, dengan perolehan suara 96 suara, dan Gracia Natania Mangowal, mahasiswi sarjana keperawatan semester 3, sebagai sekretaris I dengan perolehan suara 54 suara.

Khusus untuk HIMA PSIK, posisi ketua ditempati oleh Riski Kristian Anugerah dari semester 3, dengan perolehan suara 116 suara. Untuk wakil ketua HIMA PSIK, diraih oleh Inri Claudia dari semester 3, dengan perolehan suara 76 suara. Amanda Grasia dari semester 5 sebagai sekretaris dengan perolehan suara 70 suara.

Selanjutnya untuk HIMA Fisioterapi, posisi ketua diraih oleh Niluh Naratiya Pitri dari semester 3, dengan perolehan suara 155 suara, dan untuk posisi wakil ketua diraih oleh Fitri Gunawati dari semester 5 dengan perolehan suara 107 suara.

Tidak hanya berfokus pada ketua dan wakil ketua BEM dan HIMA, dalam acara ini juga disebutkan dan dilantik nama-nama anggota ORMAWA baru yang mengisi bagian divisi-divisi organisasi, serta ketua-ketua baru setiap UKM (Unit Kegiatan Mahasiswa) yang ada.

Untuk meraih posisi yang disebutkan, sebelumnya mereka telah melewati seleksi dan pemilihan yang dilakukan oleh panitia pelaksana. Adapun alur yang harus mereka tempuh yaitu dimulai dari pendaftaran yang dilaksanakan pada tanggal 28 Agustus – 5 September 2023, kemudian seleksi berkas pada tanggal 6 – 12 September 2023, wawancara pada Rabu, 13 Oktober 2023, setelah itu dilanjutkan dengan masa kampanye yang berlangsung dari tanggal 16 – 22 September 2023. Untuk pemungutan suara sendiri dilaksanakan pada tanggal 8 Oktober 2023 via google form dengan total suara 262 mahasiswa.

Ketua STIKES Suaka Insan, Bapak Warjiman, S.Kep., Ners., MSN dalam sambutannya mengucapkan selamat kepada ketua BEM dan HIMA baru. Beliau menyampaikan kepada pengurus baru untuk menjadikan kesempatan ini untuk mengembangkan diri dan menjadikan wadah untuk menerapkan pengetahuan yang dimiliki dalam berorganisasi. Beliau juga berpesan untuk saling membantu yang nanti manfaatnya juga akan dirasakan oleh diri sendiri.

“Kesempatan ini merupakan kesempatan yang baik untuk mengembangkan diri bagaimana hidup bermasyarakat dan mengembangkan diri anda untuk menjadi orang yang sukses. Itu dengan cara menerapkan pengetahuan anda di dalam organisasi. Di dalam organisasi pasti ada kegiatan, jadi tidak hanya sekedar membahas pengetahuan saja, tapi bagaimana pengetahuan diterapkan di dalam kita berorganisasi. Kita bisa maju karena adanya konflik. Maka dari itu, manajemen konflik dengan baik, karena konflik inilah yang akan membuat kita berkembang dan menjadi stimulus yang bagus. Maka dalam organisasi ini, buka hati, buka mata, buka telinga, sehingga bisa melihat kebutuhan orang lain dan kebutuhan di sekitar kita, sehingga kita lebih cepat membantu kebutuhan itu. Kita membantu tidak hanya untuk orang lain, tetapi juga untuk diri kita sendiri. Karena dengan demikian, kita akan terpuaskan. Jika kita terpuaskan, kita akan bahagia,” tutur beliau dalam bicaranya.

Nemesius Franky Da Costa, selaku Wakil Ketua BEM periode 2021/2023 dalam sambutannya mengucapkan apresiasi terhadap keteguhan rekan-rekan organisasi. Ia mengatakan bahwa dalam 2 tahun masa jabatan, BEM telah melaksanakan tugasnya dalam mengembangkan dan menjadi penyalur bakat yang dimiliki mahasiswa.

“Keteguhan dari seluruh rekan-rekan teman organisasi merupakan sesuatu yang harus kita apresiasi. Dua tahun yang panjang ini kami telah melaksanakan tugas dan tanggung jawab kami sebagai wadah para mahasiswa untuk mengembangkan bakat, membangun spiritual mahasiswa, dan menjadi penyalur bagi mahasiswa yang ingin mengembangkan bakatnya di luar lingkungan kampus,” ujar Franky dalam sambutannya.

“Kami berharap anggota dan pengurus baru yang telah bergabung mampu membawa organisasi kita menjadi lebih maju dibandingkan angkatan kami. Kami juga berharap kalian mampu melaksanakan program kerja yang belum bisa disempurnakan pada masa kepemimpinan kami,” tambahnya.

Salah satu tamu undangan, yaitu Ketua BEM UIN Antasari Banjarmasin, Ahmad Sunir Ridha memaparkan pengalamannya dalam kegiatan pelantikan ini. Dalam wawancaranya, ia mengatakan keunikan dari acara ini adalah toleransi antar umat beragama yang terjalin harmonis, serta masa jabatan BEM yang berbeda dengan kampus lain, yakni 2 tahun.

“Luar biasa sekali, untuk pertama kalinya saya menghadiri pelantikan di STIKES Suaka Insan. Berbeda dengan kampus lain, untuk masa jabatannya di sini selama dua tahun. Hal yang menakjubkan yang saya lihat yaitu adanya perbedaan yang luar biasa dengan BEM dan universitas lain, karena  di sini terlihat konteks toleransi yang mana antar umat beragama menjadi satu rumpun dalam satu kesatuan kegiatan dan tertata rapi,” ucapnya dalam wawancara.

“Untuk anggota BEM baru, pertahankan apa yang menjadi kualitas kalian semuanya dan tetap junjung tinggi apa yang menjadi keyakinan dan menjadi potensi kalian nanti. Tetap  terus tingkatkan daya kreatifitas dan tetap solid,” tambahnya.

Ketua BEM yang baru periode 2023/2025, Puput Ernanda memberikan tanggapannya mengenai acara ini. Ia berharap posisi ini bisa memberikan pelajaran kepemimpinan dan anggota lainnya bisa saling bekerja sama dengan baik untuk mencapai tujuan yang diinginkan.

“Saya merasa senang dan juga bangga karena diberi kesempatan untuk menjadi Ketua BEM 2023/2025. Semoga kedepannya saya dan anggota organisasi lainnya bisa bekerja sama dengan baik untuk mencapai kesuksesan bersama. Dengan jabatan yang saya emban sekarang, nantinya akan membuat saya belajar lebih banyak bagaimana caranya memimpin sebuah organisasi dan ingin mengembangkan skill dan bakat saya dalam kepemimpinan dan juga untuk membangun relasi saya antara mahasiswa di kampus dan di luar kampus,” tuturnya dalam wawancara.

Begitu pula dengan Wakil Ketua BEM 2023/2025, Veronika Boniti Margareta mengatakan, “saya senang karena bisa terpilih dan bersyukur kegiatan hari ini bisa berjalan dengan lancar. Saya harap nantinya bisa berkoordinasi dengan baik bersama Ketua BEM dalam setiap program kerja yang akan dilaksanakan, sehingga nanti kami dapat melaksanakan kegiatan dengan baik. Kami berharap bisa ikut menyelesaikan program dari pengurus yang lama dan juga pastinya akan menjalankan program yang kami buat. Semoga kami dapat bekerja sama dengan baik dan bersolidaritas tinggi.”

Riski Kristian Anugerah, Ketua HIMA PSIK 2023/2025 juga ikut memberikan komentarnya dalam wawancara, “saya tidak menyangka bisa terpilih, saya senang bisa dipercaya bisa memimpin HIMA PSIK sekarang ini. Untuk rencana kedepannya, ingin memajukan aspirasi mahasiswa yang ada sehingga terdapat titik temu antara mahasiswa dan pihak kampus. Tetap semangat dan jalankan organisasi dengan baik, supaya bisa tercapai dengan baik.”

Menyambung ucapan dari ketua HIMA PSIK, Niluh Naratiya Pitri selaku Ketua HIMA Fisioterapi 2023/2025 juga memberikan komentarnya, “sangat mengejutkan bagi saya bisa terpilih menjadi Ketua HIMA Fisioterapi. Saya akan berusaha untuk menjalankan amanah ini agar dapat berkembang kedepannya. Rencananya, saya akan berusaha untuk menjalankan tugas saya agar HIMA ini bisa aktif sesuai dengan proker yang disiapkan. Semoga kita semua dapat saling menjalin hubungan yang baik terutama dalam kerja sama dan solidaritas. Terima kasih atas kepercayaan yang diberikan kepada saya dan saya harap teman-teman mahasiswa juga bisa ikut berpartisipasi dalam kegiatan kami nantinya untuk membawa nama baik kampus kita.” [UKM Jurnalistik_2023].

 

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *